Gerakan 1000 Relawan MTA untuk Demak Bangkit, Bantu Bersihkan Fasilitas Publik Pasca Banjir

Foto: Farid Syah

DEMAK, JAWA TENGAH – Majlis Tafsir Al-Qur’an menerjunkan lebih dari seribu relawan untuk melakukan kegiatan pembersihan pasca banjir dalam Gerakan 1000 Relawan MTA untuk Demak Bangkit. Kegiatan ini dimulai dengan apel pembukaan di SPBU Cangkring, Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Demak, Kamis (22/2/2024).

Sekda Demak H. Akhmad Sugiharto, S.T., M.T., yang hadir dalam apel pembukaan, mengapresiasi kepada seluruh pihak yang telah membantu dalam penanganan bencana banjir di wilayah Kabupaten Demak.

“Saya merasa sangat bangga dan terharu melihat Gerakan 1000 Relawan Majlis Tafsir Al-Qur’an yang telah memberikan support untuk Demak Bangkit pasca banjir, melalui kegiatan resik-resik bersama membersihkan fasilitas umum,” ucap Ahmad Sugiharto seperti dikutip setda.demakkab.go.id.

Apresiasi senada juga disampaikan Komandan Kodim 0716/Demak Letkol Kav Maryoto, selaku Komandan Posko Terpadu Penanganan Darurat Banjir Kabupaten Demak. “Ketika kita melaksanakan kegiatan sosial, tentu banyak nilai-nilai positif di dalamnya, terutama jiwa kemanusiaan yang tumbuh dalam diri kita semuanya,” kata Dandim.

Sementara itu, Koordinator Lapangan Gerakan 1000 Relawan MTA untuk Demak Bangkit, Joko Surono, saat dihubungi dalam Kabar Terkini Persada FM, mengatakan kegiatan ini lebih diprioritaskan untuk membersihkan fasilitas umum seperti jalan, masjid, sekolah dan lainnya.  Joko mengungkapkan selain relawan MTA, juga bergabung elemen dari TNI, Polri dan BPBD. “(Dari relawan-relawan yang bergabung) dibagi menjadi 8 regu, setiap regu ada yang sampai 370 orang karena banyaknya kegiatan yang dilaksanakan di daerah ini. Ini dibagi per kelurahan,” terang Joko. (isn/media)