Libatkan 1.097 Panitia, MTA Makamhaji Sembelih 134 Sapi dan 963 Kambing Kurban

Previous
Next

Laporan Muhamad Hasan

SUKOHARJO, JAWA TENGAH – Selama empat hari, panitia kurban MTA Pusat 1 yang bertempat di MTA Cabang Kartasura 1 Makamhaji, Kartasura, Sukoharjo total menyembelih sebanyak 134 ekor sapi dan 963 ekor kambing. Proses penyembelihan melibatkan 1.097 orang panitia, baik untuk pemotongan dan pembersihan daging, pengemasan, sampai dengan pendistribusian.

Pada Sabtu (1/7/2023) lalu, proses penyembelihan hewan kurban diselesaikan lebih awal yaitu pada waktu Ashar, agar tidak melewati batas akhir hari tasyrik.


Hari tasyrik merupakan suatu rangkaian perayaan Hari Raya Idul Adha, yakni pada 11,12, dan 13 Dzulhijjah. Selama waktu tersebut umat muslim melakukan penyembelihan hewan kurban.

Menurut Ketua Panitia, Ustadz Muhammad Ghozali, S.Pd.I, proses penyembelihan hewan kurban di MTA Pusat 1 melaksanakan penyembelihan hewan kurban hari tasyrik terakhir.

“Bulan Qomariah kan batasnya sampai Maghrib. Kalau Maghrib berarti sudah masuk hari berikutnya. Maka kita dari panitia untuk mengantisipasi itu, biasanya kita pada terakhir kita usahakan Ashar sudah harus selesai walaupun nanti batasnya Maghrib. Tetapi dari pada ngelonjok waktunya, berarti kan kurbannya sudah tidak sah, kita mengantisipasi untuk kehati-hatian, Ashar harus sudah selesai,” jelas Ustadz Ghozali di sela-sela kegiatan penyembelihan.

Hingga hari terakhir, tercatat sebanyak 134 ekor sapi dan 963 ekor kambing disembelih dengan melibatkan 1.097 orang panitia. Pada kesempatan tersebut dilakukan penutupan rangkaian ibadah kurban 1444 H di gedung pengajian setempat. (ida/media)

Link Youtube berita terkait :