Bantu Warga Terdampak Banjir Demak, MTA Dirikan Dapur Umum dan Posko Kesehatan

Sumber Foto: Tri Yanta

Laporan Tri Yanta dan Farid Syafrodhi

KABUPATEN DEMAK, JAWA TENGAH – Majlis Tafsir Alqur’an (MTA) mendirikan posko dapur umum dan kesehatan di Desa Mendini, Kecamatan Gajah untuk membantu warga terdampak banjir di Kabupaten Demak, Jawa Tengah pada Sabtu, 10 Februari 2024.

Kecamatan Gajah yang berbatasan langsung dengan Kecamatan Karanganyar menjadi lokasi pengungsian warga terdampak banjir di Kabupaten Demak. Sejak Jumat sore (9/2/2024) relawan MTA mendirikan posko di Madrasah Diniyah Imaduddiniyyah, Desa Medini, Kecamatan Gajah. Posko yang didirikan meliputi dapur umum, posko kesehatan lengkap dengan dokter, posko SAR serta posko informasi.

Menurut Camat Gajah, Drs. H. Haryoto, M.H., banjir tahun ini cukup parah dan wilayahnya menjadi salah satu lokasi pengungsian untuk warga dari Kecamatan Karanganyar. Ia mengapresiasi atas pendirian posko MTA di wilayahnya.

“Saya terimakasih dengan adanya dapur umum yang diselenggarakan oleh MTA. Dapur umum ini menurut pengamatan kami adalah dapur umum yang sangat modern dan profesional. Artinya di samping perlengkapannya, tingkat kebersihannya juga dijaga betul dan juga suplai kepada penduduk yang membutuhkan bisa teratasi,” ujar Haryoto.

Sedikitnya 56 ribu jiwa terdampak banjir di Kabupaten Demak. Selain merendam permukiman warga, banjir juga melumpuhkan jalur Pantura. Sementara evakuasi yang dilakukan tim SAR sempat mengalami kendala derasnya arus sehingga perahu sulit menjangkau sejumlah wilayah. (isn/media)