1.880 Peserta Ramaikan Lomba Lari 7 Kilometer Pornas MTA

Previous
Next

Laporan Tri Yanta

KLATEN, JAWA TENGAH – Sedikitnya 1.880 peserta turut meramaikan ajang lomba lari tujuh kilometer Pekan Olah Raga Nasional (Pornas) MTA Tahun 2023, pada Sabtu (26/8/2023) pagi. Ketua Umum MTA Pusat, Prof. Drs. Mugijatna, M.Si, Ph.D, pun tidak ketinggalan menjadi salah satu peserta dalam lomba kali ini.

Mengambil start dan finish di Stadion Trikoyo, Klaten, keberangkatan peserta dilepas langsung oleh Kabaglog Polres Klaten, Kompol Sumarhono, S.H., didampingi Pimpinan Pusat MTA, Al Ustadz Nur Kholid Syaifullah, Lc, M.Hum.

Sebelum memberangkatkan peserta, Ustadz Nur Kholid mengingatkan khususnya kepada keluarga besar Majlis Tafsir Al-Qur’an bahwa lomba lari ini berbeda dengan maraton pada umumnya, karena merupakan sarana syiar mendakwahkan akhlak seorang muslim.

“Meski sedang lari, tetapi etika Islam, kalau Bapak dan Saudara merasa haus, mau minum, harus duduk dulu. Lha nanti kalau duduk disalip bagaimana? Kalau tidak ingin disalib jangan minum. Karena etika, akhlak seorang muslim itu minum harus duduk dan dengan tangan kanan.”

“Di samping itu, kejujuran penting sekali pada pagi hari ini. Kejujuran! Bisa jadi Bapak dan Saudara nanti mbonceng sepeda motor, tinggal 50 meter terus lari. Nah itu kejujuran dari tiap-tiap individu itu penting. Maka di sini lari kita ini, kalau boleh dikatakan kita berusaha ini marathon syar’i.”

Lomba lari 7 kilometer ini diikuti peserta dari tiga kategori. Meliputi kategori umum, kategori pelajar, dan kategori TNI/Polri. Peserta tidak hanya berasal dari Solo Raya, melainkan juga dari berbagai daerah, seperti dari Kota Semarang, Pacitan, Magetan, Purworejo, Madiun, Trenggalek, Yogyakarta, dan daerah lainnya.

Demi mengantisipasi hal-hal darurat, 10 unit mobil ambulans lengkap dengan tim medis telah disiapkan oleh panitia. Setiba di garis finish, peserta beristirahat sambil menikmati berbagai sajian hiburan dari panitia.

Akmal Ripki Taqiyudin dari MTA Cabang Kerjo 4, berhasil meraih juara kedua pada kategori pelajar. Untuk menyiapkan diri dalam lomba, ia berlatih dua kali dalam sepekan dan pada latihan terakhir bisa mencapai 17 kilometer.

“Saya latihan satu minggu dua kali setiap pagi. Dan terakhir latihan itu 17 kilometer. Tentunya saya sangat bangga karena bisa membahagiakan kedua orang tua,” jelasnya ditemui seusai lomba.

Selain lomba lari, berbagai lomba turut meramaikan Pornas MTA 2023 sebagai rangkaian dari Silatnas Ke-4 Majlis Tafsir Al-Qur’an. Mulai dari sepak bola, bola voli, futsal, tenis meja, badminton, dan vertical rescue. (ida/media)