Ibadah Kurban Warga Binaan MTA di Dekat Perbatasan Indonesia – Malaysia

Laporan Riko Kurniawan

KAPUAS HULU, KALIMANTAN BARAT – Wujud ketakwaan kepada Allah SWT, umat Islam di berbagai penjuru dunia melaksanakan ibadah kurban. Hal ini termasuk dilakukan warga pengajian binaan MTA di pedalaman pulau Kalimantan, tepatnya di Kabupaten Kapuas Hulu, Provinsi Kalimantan Barat.

Salah satu lokasi penyembelihan hewan kurban berada di wilayah Dusun Sampak, UPT 18, Desa Nanga Kalis, Kecamatan Kalis, Kabupaten Kapuas Hulu, Kamis (29/6/2023) lalu. Lokasi ini berada di ujung Provinsi Kalimantan Barat dan terletak di dekat perbatasan Indonesia- Malaysia.

Di tengah keterbatasan, warga tetap berusaha mengamalkan ilmu dari Alquran dan Sunnah yang dipelajari selama mengaji di Binaan MTA Kapuas Hulu, Perwakilan Sintang.


Menurut Ketua Binaan Kapuas Hulu, Retno Agung Pambudi, warga telah melaksanakan ibadah kurban selama enam tahun berturut-turut, dengan dukungan dari warga sekitar tempat pengajian.

“Penyembelihan kali ini sudah yang ke enam kali kami laksanakan di Kabupaten Kapuas Hulu bersama warga binaan kami. Alhamdulillah bisa terlaksana dengan lancar karena  dibantu oleh warga sekitar,” jelas Agung saat ditemui di sela-sela kegiatan penyembelihan hewan kurban pada Kamis (29/6/2023) lalu.

Salah seorang warga, Maryadi, menyampaikan rasa syukur atas pelaksanaan kurban dari warga MTA tersebut. “Terima kasih dan kali ini panitia dari Majlis Tafsir Al-Qur’an memberikan sumbangsih dan sekaligus memberikan bantuan kepada warga setempat.”

Pelaksanaan ibadah kurban yang tidak lain merupakan salah satu wujud ketakwaan kepada Allah SWT, diharapkan dapat membawa manfaat kebaikan untuk seluruh umat. (ida/media)

Link Youtube berita terkait :