Santri Ponpes Bantu Proses Kurban di Pusat 1 MTA Makamhaji

Previous
Next

Laporan Muhamad Hasan

SUKOHARJO, JAWA TENGAH – Umat Islam di berbagai belahan dunia baru saja selesai melaksanakan ibadah kurban 1444 H tahun 2023. Meski begitu, ada kisah menarik dari berbagai tempat terkait pelaksanaan kurban, salah satunya di pusat penyembelihan hewan kurban MTA Pusat 1 di Cabang Makamhaji, Kartasura, Sukoharjo, Jawa Tengah.

Di tempat ini, ratusan orang panitia bekerja sama melaksanakan kurban. Termasuk adanya sejumlah santri Pondok Pesantren MTA Mojogedang, Karanganyar yang turut hadir ke lokasi bersama pembimbing mereka. Guna mengisi hari libur sekolah dengan kegiatan bermanfaat, puluhan santri membantu proses kurban, khususnya di bagian besek dan penataan daging yang siap didistribusikan kepada masyarakat.

Menurut pembimbing santri, Ustadz Arrofik Kholilullah, untuk mengisi hari libur sekolah dengan kegiatan bermanfaat, sebanyak 25 orang santri dilibatkan membantu proses kurban.

“Kebetulan 25 santri ini mereka yang tidak pulang ke rumahnya. Karena kemarin sudah ujian dan ini masa perpulangan. Kebetulan mereka tidak pulang, salah satunya karena rumahnya berada di luar Jawa sehingga kami berinisiatif sebagai pembimbing senantiasa memberikan kepada mereka kegiatan yang bermanfaat untuk mereka dan bermanfaat untuk umat,” jelas Ustadz Arrofik di sela-sela proses kurban, Kamis (29/6/2023).

Para santri mengaku pun senang dilibatkan dalam kegiatan ini karena bisa membantu sekligus belajar di lokasi penyembelihan hewan kurban. “Dalam rangka libur sekolah, senang karena bisa bantuin,” ujar salah seorang santri, Muhammad Raffi Khozin.

Hal senada disampaikan santri lainnya,  Qhatan Muhammad Imanulhaq. “Senang bisa bantu-bantu biar bisa nambah pahala.”
Diharapkan dengan adanya kegiatan seperti ini, mampu menanamkan nilai kepemimpinan dan kebersamaan kepada para santri untuk saling membantu dan bermanfaat bagi setiap umat. (ida/media)

Link Youtube berita terkait :