17 Tim Tunjukkan Aksi Terbaik Lomba Vertical Rescue, SAR MTA Sukoharjo Raih Juara 1

Previous
Next

Laporan Kalis dan Heru Agung Santoso


KLATEN, JAWA TENGAH – Kontingen SAR MTA Sukoharjo berhasil meraih juara pertama dan keempat dari cabang Vertical Rescue, pada Pornas MTA Tahun 2023. Lomba bertempat di Bukit Patrum, Desa Krakitan, Kecamatan Bayat, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, pada Sabtu (2/9/2023) lalu.

Pada perlombaan yang digelar hingga malam hari ini, SAR MTA Sukoharjo mengirimkan dua tim. Berkat usaha yang sungguh-sungguh dan atas izin Allah SWT, Tim Sukoharjo A meraih juara pertama dan tim Sukoharjo B meraih juara 4. Sedangkan juara 2 diraih Tim Yogyakarta A dan juara 3 Karanganyar.

Prestasi Tim Vertical Rescue SAR MTA Sukoharjo tentu bukan kebetulan, sebab kedua tim telah melakukan latihan rutin sejak dua bulan sebelumnya.

Salah seorang anggota tim Sukoharjo A Andri Cahyo mengatakan, kemenangan ini bukan menjadi tujuan, melainkan menitikberatkan pada pembaruan materi yang telah diperoleh. “Untuk lomba ini kami berlatih selama dua bulan. Motivasi kamis berlomba ialah untuk merefresh materi dan kalaupun menjadi juara pertama itu hanyalah bonus.”


Secara keseluruhan, lomba vertical rescue diikuti 17 tim. Selain berasal dari Soloraya, lomba juga diikuti peserta dari Yogyakarta, Kota Semarang, Jawa Timur, Banyumas, Blora, serta Tim JJB (Jakarta, Banten dan Jawa Barat).

Komandan SAR MTA Pusat, Ali Akbar, menyampaikan lomba ini ditujukan untuk memberikan motivasi bagi anggota SAR MTA agar semakin giat berlatih. “Dipilih vertical rescue karena untuk menyemangati para peserta ini agar lebih giat berlatih.”

Arief Sugiarto mewakili Basarnas Jawa Tengah, memberikan tanggapan positif atas digelarnya lomba ini karena dapat meningkatkan kapasitas para peserta pada penyelamatan di medan vertical. “Lomba ini sangat-sangat positif, karena dengan lomba ini para peserta meningkatkan kapasitas terkait dengan ilmu SAR yang bermanfaat untuk kegiatan kemanusiaan utamanya di ketinggian.”

Pada lomba kali ini, peserta dari masing-masing tim dikelompokkan sesuai mata lomba. Meliputi kelompok prusiking, z-rig atau mechanical advantage system, lomba kecepatan membuat simpul, anchoring, a-frame, serta lowring dan lifting. (ida/media)