SAR MTA Terjunkan Belasan Penyelam Ikuti Upacara 17 Agustus di Bawah Air

Laporan Arif Abdur Rahman dan Kalis

KLATEN, JAWA TENGAH – SAR MTA menerjunkan belasan personel penyelam pada pelaksanaan upacara bendera bawah air atau underwater, dalam rangka memperingati Hari Proklamasi Kemerdekaan Ke-78 Tahun Republik Indonesia. Upacara bawah air berlangsung di Taman Wisata Umbul Ponggok, Polanharjo, Klaten, Jawa Tengah, pada Kamis (17/8)2023) pagi.

Menurut Sigit Pambudi, S.Pd, selaku Kabid Pendidikan dan Pelatihan SAR MTA, pihaknya menerjunkan 18 orang penyelam, dan 11 di antaranya mengikuti upacara di bawah air dengan peralatan lengkap.

Upacara bendera bawah air ini dipimpin langsung oleh Perwira Pelaksana Pangkalan Angkatan Laut (Palaksa Lanal) Yogyakarta, Letkol Laut (P) Widi Susanto. Menurut Widi, selain utnuk meningkatkan rasa cinta Tanah Air, pelaksanaan upacara di tempat ini juga sebagai upaya mengenalkan Obyek Wisata Umbul Ponggok. “Meningkatkan rasa cinta Tanah Air juga untuk menarik wisatawan mengenalkan objek wisata bawah air umbul Ponggok.”

Sementara menurut Agus Santosa Selaku Korlap Upacara Underwater Umbul Ponggok, kegiatan ini merupakan bentuk memperingati kemerdekaan Republik Indonesia, yang tercipta karena adanya kerja sama dari berbagai pihak. “Kita memperingati Hari Kemerdekaan republic Indonesia Ke-78. Intinya bahwa, kita bisa merdeka ini karena kerja sama karena semua komponen yang ada di bangsa ini bekerja sama.”

Upacara tidak hanya diikuti penyelam, melainkan juga seluruh instrumen dan pengunjung Umbul Ponggok. Diharapkan pelaksanaan upacara bendera dapat menumbuhkan jiwa nasionalisme dan rasa cinta Tanah Air di antara bangsa Indonesia yang majemuk. (ida/media)