Dandim 0720/Rembang Apresiasi Proses Kurban di MTA

Previous
Next

Laporan Murni Herawati dan Siti Nur Zain

REMBANG, JAWA TENGAH – Dandim 0720/ Rembang, Letkol CZI Parlindungan Simanjuntak, S.Sos.,M.Si., meninjau dan menyaksikan langsung pelaksanaan penyembelihan hewan kurban di Gedung MTA Rembang, pada Rabu (28/6/2023) pagi.

Tidak sendiri, kedatangan Dandim juga didampingi Camat Rembang, serta Kasi Kesehatan Hewan Dinas Pertanian dan Pangan.

Dandim menyampaikan apresiasi atas semangat warga MTA pada proses penyembelihan hewan kurban ini, apalagi sudah menggunakan berbagai peralatan modern.

“Di sini sudah cukup baik. Higienitasnya terjaga. Sepertinya tidak ada koreksi. Mungkin lebih ditingkatkan lagi semangatnya. Segala macam sudah oke,” kata Dandim di sela-sela peninjauan.

Apresiasi juga disampaikan Camat Rembang, Abdur Rouf, S.STP, M.Si. Menurutnya atas kedermawanan warga MTA untuk berkurban, berarti telah ikut membantu meningkatkan gizi masyarakat.

“MTA sudah ikut menyumbangkan peningkatan gizi masyarakat karena dengan kegiatan kurban otomatis peredaran daging akan meningkat, peningkatan gizi masyarakat juga meningkat dan tentu harapannya kesehatan warganya juga meningkat. Apalagi di MTA ini sudah menggunakan besek artinya ini mendukung program go green, program penghijauan untuk dunia,” jelas Camat.

Di sisi lain, Kasi Kesehatan Hewan Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Rembang, drh. Ahyuni Indahwati memastikan proses penyembelihan di MTA sudah memenuhi prinsip ASUH serta tidak ada hewan yang terjangkit penyakit.

“Prosesnya sudah melalui penyembelihan yang sifatnya ASUH, yaitu aman, sehat, utuh, dan halal. Kemudian ternak-ternak yang datang ke sini Alhamdulillah semuanya sudah melalui pemeriksaan oleh petugas kesehatan baik dokter hewan maupun petugas kami di lapangan. Sehingga krining awalnya untuk kesehatannya hewannya sudah dilakukan dengan baik, kemudian proses pemotonagnnya dengan ASUH kemudian dari MTA juga selalu dilakukan pelatihan untuk Juliha atau juru sembelih halal,” terang drh. Ahyuni.

Sementara menurut Ketua Panitia Kurban, Winarso, penyembelihan hewan kurban dipusatkan di Gedung Perwakilan karena merupakan salah satu bentuk syiar di tengah masyarakat.

Setelah menyaksikan langsung proses penyembelihan hewan kurban, Dandim bersama rombongan mengunjungi studio Radio Pantura FM di lantai 2 Gedung Perwakilan Rembang. (ida/media)