Cerita Penjinak Hewan Kurban di MTA Yogyakarta Agar Nurut, Kita Harus Berbuat Baik pada Sapi

Laporan Widodo


SLEMAN, DIY – Proses penyembelihan hewan kurban di MTA Perwakilan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) melibatkan seorang petugas penjinak hewan. Hal itu guna memastikan hewan yang akan disembelih lebih tenang dan tidak stress.


Petugas penjinak hewan tersebut bernama Takdir Ali, warga pengajian MTA Cabang Pakem Sleman.  Dalam tugasnya, Ali harus bisa memahami perasaan sapi dan mengetahui tingkat stresnya sebelum disembelih.

Menurut Ali, hewan kurban harus mendapat perlakuan yang baik dan tidak tersakiti, agar mudah dibawa ke lokasi penyembelihan.

“Salah satunya, agar sapi itu nurut, kita harus berbuat baik sama sapi. Untuk kurban itu jangan sampai kita terlalu memaksakan untuk menyakiti hewan. Jadi bagaimana caranya dituntun itu enak, kita harus berbuat baik pada sapi itu. Cara menuntunnya tidak kasar. Itu amanah dari sohibul qurban. Karena amanah berarti kita harus menjaganya dengan baik, memperlakukannya dengan baik, menyembelihnya juga dengan baik,” jelas Takdir Ali ditemui di sela-sela kegiatan penyembelihan hewan kurban di Gedung MTA Perwakilan DIY, Kamis (29/6/2023).

Ia juga membagikan tips agar sapi atau hewan kurban tidak stres sebelum disembelih. Antara lain merawat sapi dengan baik, tidak menggunakan pakaian berwarna mencolok bergelombang panjang seperti merah, oranye, dan kuning, dan sebisa mungkin dihindarkan dari anak-anak. (ida/media)

Link Youtube berita terkait :