Tahun 2024, Kurban MTA se-Indonesia Senilai Total 57,7 Miliar Rupiah

KOTA SOLO, JAWA TENGAH – Semangat menjalankan ibadah kurban oleh umat Islam semakin meningkat dari tahun ke tahun, termasuk oleh warga MTA. Tahun ini, kurban MTA seluruh Indonesia mencapai Rp 57,7 miliar atau meningkat Rp 1,2 milyar dibandingkan tahun lalu senilai Rp 56,5 milyar.

Warga pengajian MTA seluruh Indonesia mulai dari pusat Surakarta hingga daerah, serentak melaksanakan ibadah kurban mulai Ahad 16 Juni sampai dengan Rabu 19 Juni 2024. Selama empat hari, ribuan ekor sapi dan kambing disembelih kemudian dagingnya dibagi-bagikan kepada masyarakat yang berhak menerima.

Data dari Sekretariat MTA Pusat, selama empat hari penyembelihan, sapi yang disembelih sebanyak 2.239 ekor senilai Rp 45,863 milyar.  Sedangkan kambing yang disembelih berjumlah 5.144 ekor senilai Rp 11,845 milyar. Berdasarkan data tersebut, total kurban MTA seluruh Indonesia mencapai Rp 57,708 milyar. Jumlah ini mengalami peningkatan dibanding tahun lalu senilai Rp 56,505 milyar.

Ketua Panitia Kurban MTA Pusat 1, Ustadz Muhammad Ghozali, S.Pd.i., mengaku bersyukur karena pelaksanaan kurban berjalan dengan lancar atas ridha Allah SWT. “Kami pesankan para pekurban bahwa kurban ini merupakan suatu bentuk ibadah menyembelih yang tujuannya bukan untuk manusia, tapi karena mengharapkan ridha Allah. Dan tujuan kurban dalam rangka untuk iman dan takwa kita kepada Allah maka baik yang berkurban atau panitia yang menyelenggarakan penyembelihan kurban ini betul-betul tetap diluruskan niatnya, dijaga keikhlasannya.  Mudah-mudahan apa yang dilakukan ini menjadi amal sholeh bagi kita semuanya,” ujar Ustadz Ghozali. (tim/media)