Hari Raya Kurban 1445 H, MTA Pusat Sembelih 762 Sapi dan 4.752 Kambing

Laporan Anang Fuad Rifai dkk

KOTA SOLO, JAWA TENGAH – Pelaksanaan Ibadah Kurban 1445 Hijriyah berjalan dengan lancar atas ridha Allah SWT. Dimulai setelah salat Idul Adha hari Ahad (16/6) hingga Rabu (19/6), Majlis Tafsir Al-Qur’an (MTA) Pusat telah menyembelih sebanyak 762 ekor sapi dan 4.752 ekor kambing senilai 26,169 miliar rupiah.

“Alhamdulillah kurban tahun 2024 atau 1445 Hijriyah yang dilaksanakan di MTA Pusat 1 hingga 7 berjalan dengan baik atas ridha Allah SWT, sehingga kami selaku panitia bisa menunaikan amanat dari Pimpinan Pusat dan warga MTA,” ujar Ustadz Muhammad Ghozali, S.Pd.i, selaku Ketua Panitia Kurban MTA Pusat 1, Rabu (19/6).

Ustadz Muhammad Ghozali mengungkap jika dibanding tahun lalu, jumlah hewan kurban yang disembelih mengalami peningkatan khususnya untuk kambing, sementara untuk jumlah sapi sedikit mengalami penurunan. “Kalau dirata-rata mungkin masih sama dengan tahun kemarin. Dalam arti bagi warga MTA yang memang istiqomah berkurban tetap bisa melaksanakan ibadah dengan sebaik-baiknya,” terangnya lagi.

Di MTA Pusat terbagi menjadi tujuh lokasi yang digunakan untuk penyembelihan hewan kurban, meliputi Pusat 1 di Makamhaji Kartasuro Sukoharjo, Pusat 2 di Matesih Karanganyar, Pusat 3 di Polokarto Sukoharjo, Pusat 4 di Bakalan Gemolong Sragen, Pusat 5 di Karangdowo Klaten, Pusat 6 di Potronayan Boyolali dan Pusat 7 di Ngrampal Sragen.

Selain di MTA Pusat, penyembelihan hewan kurban juga digelar di berbagai daerah perwakilan MTA lain di antaranya Wonogiri, Kota Semarang, Depok Jogja, Gunung Kidul, Ngawi, Tulang Bawang Lampung, Lampung Utara, Kota Waringin Barat Kalteng, Kota Palangkaraya Kalteng, dan sejumlah daerah lainnya. (isn/media)