Ratusan Warga MTA Berlatih Tentang Bantuan Hidup Dasar

Laporan Umar Fahrudin dan Muhammad Yunus

KARANGANYAR, JAWA TENGAH – Bidang Kesehatan Majlis Tafsir Al-Qur’an (MTA) Pusat menggelar pelatihan Bantuan Hidup Dasar Pre Hospital di Gedung MTA Perwakilan Karanganyar, Jalan Lawu Kabupaten Karanganyar, Sabtu (18/5/2024). Pelatihan yang diikuti ratusan peserta ini bertujuan untuk mencetak kader-kader kesehatan sebagai garda terdepan penanganan kedaruratan.

Acara yang kali kedua digelar ini menghadirkan pemateri dari tenaga medis dengan berbagai spesialisasi. Menurut Seksi Diklat Bidang Kesehatan MTA Pusat, dr. Abdul Azis, Sp.Rad., pelatihan ini merupakan upaya mencetak kader-kader kesehatan agar menjadi garda terdepan penanganan kesehatan di setiap cabang.

“Untuk melatih kader-kader kita di garda terdepan. Jadi diharapkan tiap-tiap cabang ada kadernya. Yang diharapkan nanti dari tiap-tiap kader itu mengawal semua warganya masing-masing yang berhubungan dengan kesehatan,” ujar Abdul Azis.

Berbagai materi diberikan pada kegiatan ini meliputi Demam Berdarah Dengue (DBD), sistem kardio sirkulasi, bantuan hidup dasar, tindakan emergensi cedera tulang, jenis luka dan perawatannya, serta penanganan gigitan binatang buas dan hewan.

Melalui pelatihan ini diharapkan para peserta mengetahui tindakan awal yang tepat sebelum pasien mendapatkan penanganan di rumah sakit. (tim/media)