Bertemu Pimpinan Pusat MTA, Jemaah Haji Cerita Pengalaman di Tanah Suci

Laporan Arif Nur Rohman


KOTA SOLO, JAWA TENGAH – Jemaah haji dari Kelompok Bimbingan Ibadah Haji dan Umroh (KBIUH) MTA Surakarta, menyampaikan pengalaman di Tanah Suci kepada Pimpinan Pusat MTA, pada acara Evaluasi Pelaksanaan Haji MTA Tahun 2023.

Acara tahunan ini berlangsung di lantai dua Gedung Pengajian MTA Jalan Ronggowarsito Nomor 111 A Surakarta, pada Kamis (10/8/2023) pagi.

Kegiatan diisi dengan penyampaian laporan berbagai peristiwa yang dialami jemaah selama melaksanakan ibadah Haji tahun 2023, kepada Pimpinan Pusat MTA, Al Ustadz Nur Kholid Syaifullah, Lc., M.Hum.

Menanggapi laporan Jemaah, Al Ustadz menekankan pentingnya kebersamaan dalam Islam yang tidak terlepas dengan ruang, waktu, dan tempat.

“Karena yang namanya kebersamaan dalam Islam, itu tidak terbatas dalam ruang, waktu, dan tempat. Kebersamaan dalam Islam itu, dalam kondisi bagaimana pun juga, di mana pun juga, baik senang maupun susah, lapar maupun kenyang, sakit atau sehat, kebersamaan dalam Islam harus dijaga,” tegas Pimpinan Pusat MTA.


Abdul Rosyid selaku Ketua KBIHU MTA menyampaikan, tidak sedikit jemaah Haji yang mengalami ujian, salah satunya keterlambatan pemberangkatan dari Musdalifah menuju Mina.
“Untuk tahun ini betul-betul jemaah banyak sekali ujiannya, terutama keterlambatan jamaah diantar dari Musdalifah ke Mina. Itu sampai betul-betul melelahkan sehingga banyak yang sakit. Tapi Alhamdulillah jemaah haji dari MTA walaupaun berat walaupun medannya panas, Alhamdulillah bisa kembali utuh tidak ada yang tertinggal di Tanah Suci.”


Salah seorang jemaah asal Kabupaten Karanganyar, Sukidi, menyampaikan kesannya selama melaksanakan ibadah Haji yang menjadikan duka di Tanah Suci sebagai ujian yang harus ia jalani bersama rombongan.

“Untuk suka dukanya karena semuanya kita lakukan dengan niat bismillah hanya berharap ridha Allah, segala ujian alhamdulillah bisa kita lewati. Semua suka dan duka kami jadikan satu sebagai ujian yang harus kami jalani,” uangkap Sukidi.


Diharapkan seusai kegiatan ini, pelaksanaan ibadah Haji oleh KBIHU MTA semakin baik dan menjadikan haji yang mabrur. (ida/media)