Kunjungi Studio MTATV, Klub Jurnalistik TMQ Pondok Roja Pelajari Berita Televisi

Laporan Burhan Amrulloh


KOTA SOLO, JAWA TENGAH – Studio MTATV Kota Solo menerima kunjungan sejumlah santriwati anggota Klub Jurnalistik Tarbiyyatu Muhafidzatil Qur’an Pondok Rooihatul Jannah atau TMQ Pondok Roja Hidayatullah, Sukoharjo, pada Senin (19/6/2023).


Kunjungan santriwati setingkat SMP dan SMA ini diterima langsung oleh Kepala Studio MTATV-Rudi Herfianto, Koordinator Siaran-Windi Hartanto, serta Koordinator Pemberitaan MTA Media-Ida Aisha.


Dalam kunjungan ini para santri penghafal Al-Qur’an ini menerima penjelasan mengenai alur pemberitaan di MTATV, mulai dari proses peliputan, pelaporan, produksi, hingga menjadi produk berita yang bisa dinikmati pemirsa.


Menurut Kukuh Subekti, S.S. selaku pembimbing Klub Jurnalistik TMQ Pondok Roja Hidayatullah, kunjungan ini dilakukan untuk mengetahui cara pembuatan berita di media televisi.

“Kami santri-santri putri dari Pondok Roja ingin belajar lebih lanjut tentang teknik pembuatan berita di media televisi, karena selama ini kami hanya belajar menggunakan media yang sifatnya konvensional seperti menulis madding ataupun menggambar mendesain itu pun dengan media tangan,” jelas Kukuh ditemui di sela-sela kunjungan.

Salah seorang santriwati, Nandini Dinda mengungkapkan, melalui kunjungan ini ia bisa mempelajari hal yang belum diketahui seperti proses pembuatan berita.

“Belajar di MTATV ini saya mendapatkan pelajaran yang belum pernah saya dapatkan seperti berita di televise dan saya berterima kasih kepada MTATV,” terang Nandini.

Dalam kunjungan ini para santri mendapatkan kesempatan praktik membaca berita melalui teleprompter, siaran di depan kamera, serta mengenal teknologi greenscreen di studio siaran. Melaui kunjungan ini diharapkan mampu menambah wawasan santriwati mengenai jurnalistik televisi. (ida/media)

Link Youtube berita terkait :