Wisata Kampung Muslim Kampung Idaman

imagesIstilah Kampung sering digunakan untuk menampilkan suatu suasana yang akrab tenang dan sejuk, dihiasi dengan keakraban dan etika yang tinggi serta lingkungan yang dipenuhi dengan pepohonan yang rindang dan rapi untuk dinikmati. Di jaman modern ini banyak digunakan misalnya untuk memberi nama kampung wisata, sebuah outbond yang memberikan suasana relax dan santai namun penuh dengan kekeluargaan.

Diberbagai tempat di negri kita telah banyak tumbuh kampung-kampung wisata, baik wisata budaya atau pula wisata agro dan bahkan wisata batik, wisata industri kecil dan wisata ilmu dan teknologi. Sebuah daerah yang dikemas dengan berbagai nuansa yang kental dengan judul-judul dan tujuan dari wisata tersebut. Bahkan ada pula wisata kampung obat, yang isinya adalah masyarakat yang menekuni untuk memproduksi obat-obat herbal yang tidak kalahnya dengan obat-obatan modern.

Spesifikasi sebuah kampung wisata adalah dengan apa yang hendak ditonjolkan dengan dilebihan dan diutamaan di kampung tersebut. Dan bahkan dengan keutamaan warna spesifik tersebut itu para wisatawan, baik yang wisatawan domestik atau internasional, menjadi terhenyak, tertarik dan bahkan kerasan untuk berlama-lama tinggal dan menghayati suasana kehidupan di kampung itu.

Di jaman Rasulullah, Kota Madinah telah tumbuh dari daerah kecil yang dihuni oleh orang-orang asli penduduk yastrib, namun disebabkan karena Rasulullah dan para sahabat yang sholih-sholih telah hijrah ke sana, menjadikan daerah Madinah berkembang pesat menjadi suatu kota yang diidamkan oleh orang-orang sholih yang ingin hidup dengan etika dan kesholihan yang dituntunkan oleh Al-Qur'an dan As-Sunnah.

Segala puji bagi Allah, kerinduan orang-orang sholih dengan sebuah kampung sholih di jaman ini dapat diwujudkan dengan niat bersama yang pasti semuanya akan berujung kepada turunnya janji-janji Allah sebagaimana firmanNya yang artinya:

Jikalau sekiranya penduduk negeri-negeri beriman dan bertaqwa, pastilah Kami akan melimpahkan kepada mereka berkah dari langit dan bumi, …….(QS. 7:96)

Ke unikan sebuah kampung muslim tentunya adalah kesamaan pendapat dalam tiap-tiap hati masyarakat yang menghuninya untuk mewujudkan dan mengungkapkan kesholihan dalam pergaulan dan persinggungan sehari-hari.

Nikmatnya sebuah keakraban yang penuh kesholihan memang membutuhkan komitmen bersama dan usaha bersama untuk mewujudkan keutamaan-keutamaan yang dalam diri dan sekaligus untuk mengurangi dan mengikis serta meminimalkan segala hal-hal yang dapat menumbuhkan sifat-sifat jahat dalam diri manusia dan masyarakat.

Salah satu contoh nyata di jaman Rasulullah, betapa sahabat-sahabat dihadapan Rasulullah telah berebut dalam meng khatamkan membaca Al-Qur'an. Ada yang ingin khatam setiap tiga hari sekali, ada yang ingin khatam seminggu sekali dan ada pula yang ingin khatam sebulan sekali. Menunjukkan bahwa kecintaan sahabat kepada Al-Qur'an sebagai firman Allah sangatlah tinggi sekali. Sebelum kemudian Al-Qur'an menjadi sesuatu yang diamalkan dalam kehidupan sehari-hari.

Bayangkan bila seorang sahabat nabi hidup hingga di jaman sekarang, dan tetap terus dengan komitmen nya untuk selalu khatam membaca Al-Qur'an setiap 3 hari sekali. Maka insyaallah dapat dipastikan mereka tidak akan sempat melihat acara-acara perusak iman semacam sinetron, lawak, nyanyi-nyanyi, film-film pertarungan, film-film jorok dan kotor, dan sebangsanya. Bahkan Rasulullah SAW dalam hadistnya bersabda yang artinya:

Aisyah r.a. berkata: Rasulullah SAW. Bersabda: Orang-orang yang mahir dalam membaca Al-Qur'an akan berkumpul para Malaikat yang mulia-mulia dan ta'at. Sedang orang yang megap-megap dan berat jika membaca Al-Qur'an, maka mendapat pahala lipat dua kali [HSR Bukhari, Muslim]

Annawas bin Sam'an berkata: Saya mendengar Rasulullah SAW bersabda: pada hari Qiyamat akan didatangkan Al-Qur'an dan orang-orang yang mempraktekkannya di dunia, di dahului oleh surat Al-Baqarah dan Ali-Imran akan membela dan mempertahankan orang yang menta'atinya. [Muslim]

Abu Umamah r.a. berkata : saya telah mendengar Rasulullah SAW. Bersabda: Bacalah Al-Qur'an karena ia akan datang pada hari qiamat sebagai pembela pada orang yang mempelajari dan menta'atinya [Muslim]

Kampung Muslim yang dipenuhi dengan amalan-amalan sunnah dari Rasulullah SAW, dan dibersihkan dari segala hiburan-hiburan yang lagho dan merusak kebersihan hati dan aqal, tentu akan menghasilkan suasana yang sama sebagaimana suasana yang diberikan oleh Allah kepada Rasulullah dan Sahabatnya. Setidaknya Allah senantiasa akan membersamakan malaikat-malaikat yang tha'at dengan masing-masing manusia penghuninya, sehingga memiliki pribadi yang mulia, sopan santun, ramah tamah dan memiliki bisikan-bisikan hati dan aqal yang selalu baik, menenteramkan dan membahagiakan.

Niat, memang Sesutu yang akan menjadi dasar balasan bagi seseorang, siapakah diantara kita umat islam yang banyak ini yang akan memulai membuat sebuah kampung wisata, wisata kampung muslim ???. Dan ketika para wisatawan datang, dan mengikuti seluruh aktifitas harian dan mingguan secara tertib akan merasakan sejuknya dan indahnya hidup ber Islam secara kaffah!, Dan para wisatawan selalu merasa rindu dan kangen untuk hidup sesuai dengan aturan-aturan Allah yang begitu mulia dan bijaksana !.

Indahnya sebuah kampung wisata, kampung muslim, yang dihiasi dengan amalan-amalan sunnah Rasulullah SAW, yang menenteramkan dan membahagiakan hati. Yang dirindukan oleh manusia modern yang sedang kebingungan mencari ketentraman. Wisata Kampung Mulim mungkin dapat menjadi jawaban nyata bagi orang-orang yang bertanya tentang keutamaan seseorang atau masyarakat yang mengamalkan Islam secara Kaffah. Wallahu'Alam


8 komentar pada “Wisata Kampung Muslim Kampung Idaman

  1. Salam,
    Mengenai kampung Muslim apa sudah ada kelanjutan progres nya yang bisa dilihat? Saya seorang peneliti intentional community. Gerakan semacam ini sangat positif dan sedang bermunculan di seluruh dunia sebagai reaksi thd arus globalisasi dan peradaban modern/pos-modern yang memusingkan manusia. Saya menunggu jawabannya dari pengelola web ini by email. Saat ini saya sedang mencari lokasi untuk fieldwork penelitian. Salam.

  2. dulu teman2ku pengen jadi 1 dlm 1 kampung muslim, tapi sekarang kitatlah bertebaran dimuka bumi secara terpisah-pisah

  3. kita dukung bersama, dg banyak berdoa, slalu dijalan Qur’an-Sunnah yg LURUS…abaikan rintangan & pujian, hanya berharap ridha Allah ta’ala

  4. Insya Allah, dengan keinginan dan tekad yang bulat dari masing2 kita tuk mengamalkan Quran dan Sunnah dalam ruang pribadi dan ruang sosial kita, setapak demi setapak impian akan adanya sebuah kampung muslim akan tercapai, dengan kita berada aktif di dalamnya….

  5. kampung muslim terwujud tentunya dari keluarga keluarga yang di dalamnya beranggotakan pribadi pribadi yang berakhlak karimah…..akupun ingin menjadi bagian di dalamnnya.

  6. wisata rohani ya, ah bagus sekali ni tuk di wujudkan, seperti kampungnya AAGYM itu ya?, moga- moga dapat di wujudkan oleh umat islam, wisata yang religius tentunya!

  7. Kampung muslim akan bisa terwujud, manakala masing-masing keluarga yang didlmnya komit terhdap Qur’an dan khaditz, dan adanya sistem yg mendukung, tapi persoalanya adalah kita hidup dinegara yang plural, yang terikat oleh hukum positif suatu negara.

Beri Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.