Viral, Foto Siswi Tidak Bersalaman dengan Presiden

Surakarta - Umumnya, siapa saja akan antusias dan bahkan berebut untuk berjabat tangan saat bertemu dengan pejabat tinggi maupun sosok publik figure. Namun tidak demikian dengan para siswi dalam sebuah foto yang menjadi viral di media sosial ini, saat bertemu dengan Presiden Ir. Haji Joko Widodo dalam acara Grounbreaking Pondok Pesantren MTA. Alih-alih berebut untuk bersalaman dengan orang nomor satu di indonesia tersebut, para siswi ini justru tetap berbaris tertib sambil menangkupkan tangannya sebagai isyarat menyapa kepada lawan jenis.

Seperti yang tergambar dalam foto diatas, dalam foto itu memperlihatkan saat para siswi menangkupkan kedua telapak tangannya di depan dada ketika sang Presiden melintas di depan mereka. Foto itu kemudian beredar luas di media sosial sejak Rabu (18/07) pagi. Berbagai akun terlihat mengunggah foto ini dengan berbagai keterangan yang beragam. Foto inipun dibagikan kembali sehingga semakin beredar luas di kalangan netizen.

Setelah ditelusur, foto ini diambil dalam acara Grounbreaking Pondok Pesantren MTA di dusun Tunggulsari, desa Pojok, Mojogedang, Karanganyar pada hari Ahad (15/07) lalu. Acara ini dihadiri langsung oleh Presiden Jokowi beserta sejumlah Menteri, Gubernur Jawa Tengah, Bupati Karanganyar, Tokoh Agama, Tokoh masyarakat, serta tidak kurang dari 12.500 jemaah dari berbagai wilayah di Indonesia.

Foto : Drs. Diastono ketika diwawancara oleh reporter MTATV

Sedangkan para siswi yang ada dalam foto, merupakan siswi kelas 12 SMA MTA Surakarta. Ditemui di sekolah, Kepala SMA MTA Surakarta Ustadz Drs. Diastono menyampaikan keteguhan para siswi untuk tidak bersalaman dengan lawan jenis, merupakan hasil pemahaman ilmu yang bersumber dari Alquran dan As Sunnah.

Ustadz Diastono menambahkan, keteguhan para siswi untuk tidak bersalaman dengan lawan jenis bahkan dengan seorang presiden pun bukan berarti para siswi tidak menghargai presiden. Justru menurutnya hal itu merupakan suatu bentuk penghormatan kepada seorang pejabat.

Salah seorang siswi dalam foto yang menjadi viral tersebut ialah Tian A.S, siswi kelas 12, Tian menjelaskan sikapnya yang memilih untuk tidak bersalaman dengan presiden didasari tuntunan agama yang selama ini dipelajarinya di sekolah.