Selayang Pandang Calon MTA Bandung Barat

mta bandung bartaKabupaten Bandung Barat adalah kabupaten baru provinsi Jawa Barat, Indonesia, pemekaran dari Kabupaten Bandung. Kabupaten ini berbatasan dengan Kabupaten Purwakarta dan Kabupaten Subang di sebelah barat dan utara, Kabupaten Bandung dan Kota Cimahi di sebelah timur, serta Kabupaten Cianjur di sebelah barat dan timur.

Kabupaten Bandung Barat mewarisi sekitar 1,4 juta penduduk dari 42,9% wilayah lama Kabupaten Bandung. Sedangkan ibu kota Kabupaten Bandung Barat berlokasi di Kecamatan Ngamprah, yang terletak di jalur Bandung-Jakarta.

Seperti umumnya daerah-daerah di Jawa Barat, Bandung Barat dominan dengan penduduk beragama Islam. MTA sebagai wadah kajian Islam lahir di Bandung Barat digawangi oleh aktivis kajian MTA di Perwakilan Bandung. Awalnya mereka menempuh puluhan kilo meter untuk bisa bergabung dengan kajian setiap Ahad di Cisaranten Kulon (Lokasi MTA Perwakilan Bandung). Dan insyaAllah tanggal 7 Desember 2010, MTA Bandung Barat akan diresmikan, bertempat di SPN Cisarua, Lembang Bandung Barat. Berikut ini perjalanannya dari tahun ke tahun rintisan majlis yang satu ini

A. Tahun 2005

Pengajian binaan MTA Bandung Barat mulai diisi oleh ustadz dari MTA Pusat , tepatnya tanggal 13 Maret 2005 dan pengajian dilaksanakan satu kali dalam satu bulan . Kegiatan pengajian tersebut dilaksanakan setiap hari Minggu sore pada minggu ke 2 setiap bulannya dari pukul15.00 WIB sampai dengan pukul 18.00 WIB , diisi oleh Ustadz Dhidhik Joko Susilo , MT , bertempat di rumah Bpk Joko Suseno yang beralamat di Komplek Bumi Pakusarakan 2 Blok C2 No 50 Rt 03 Rw 25 , Kel Tani Mulya , Kec Nagmprah , Kab Bandung Barat .

B. Tahun 2006 - 2007

Pada tanggal 15 Januari 2006 kegiatan pengajian dipindahkan ke Padalarang , dengan harapan warga Padalarang dapat mengikuti kajian Ahad sore secara istiqomah . Mulai bulan Maret 2006 , frekuensi pengajian ditingkatkan menjadi dua kali dalam satu   bulan . Yaitu pada minggu I diisi oleh Ustadz Imam Mukti S.Ag dan minggu ke III diisi oleh Ustadz Dhidhik Joko Susilo MT . Pengajian bertempat di rumah dinas Bpk Agus Darmawan yang merupakan salah satu warga tetap MTA Perwakilan Jakarta ( Pondok Cabe ) sekaligus sesepuh dan pembina warga Padalarang . Waktu pengajian tetap Ahad Sore jam 15.00 WIB sampai 18.00 WIB .

C. Tahun 2007 sampai Sekarang

Pada tanggal 20 Mei 2007 atas arahan Ustadz Imam Mukti , kegiatan pengajian dipindahkan kembali ke Bumi Pakusarakan .Dan mulai tanggal 12 Oktober 2008 sampai sekarang frekuensi pengajian ditingkatkan kembali menjadi empat kali dalam satu bulan , dengan waktu yang sama . Adapun pembagian jadwalnya adalah sebagai berikut :

-       Minggu I                              :   Ustadz Imam Mukti S.Ag .

-       Minggu II                             :   Pengurus MTA Bandung .

-       Minggu III                            :   Ustadz Dhidhik Joko Susilo MT .

-       Minggu IV                            :   Pengurus MTA Karawang .

-       Minggu V                             :   Pengajian Gabungan Ke Perwakilan Bandung .

PROFIL CALON PENGURUS DAN KEGIATAN KELOMPOK

A. Kepengurusan

Adapun susunan pengurus sementara Majlis Tafsir Al-Qur'an ( MTA ) Bandung Barat adalah sebagai berikut :

-       Ketua                    :   Joko Suseno , AMd

-       Sekretaris             :   Sulardi .

-       Bendahara           :   Atjeng Muljana .

B. Kelompok

1. Kelompok Pakusarakan .

Waktu kegiatan            :   Rabu malam jam 20.00 WIB sampai jam 22.00 WIB

Tempat                        :   Rumah warga ( bergiliran )

Ketua                           :   Sulardi

2. Kelompok Cibeber

Waktu kegiatan            :   Rabu malam jam 20.00 WIB sampai jam 22.00 WIB .

Tempat                         :   Rumah warga ( bergiliran )

Ketua                            :   Ajid Bagus Wibawa AMd.

3.    Kelompok Padalarang .

Waktu kegiatan            :   Senin Malam jam 19.00 WIB sampai jam 21.00 WIB .

Tempat                         :   Rumah Bpk Agus Dharmawan .

Ketua                            :   Suharja

Download Peta Menuju lokasi Peresmian :

download-jalur-peta

Sumber :


7 komentar pada “Selayang Pandang Calon MTA Bandung Barat

  1. Saya Sardi, tertarik untuk ikut belajar di MTA, boleh saya minta kontak Bpk Joko Suseno yang beralamat di Komplek Bumi Pakusarakan 2 Blok C2 No 50 Rt 03 Rw 25 , Kel Tani Mulya , Kec Nagmprah , Kab Bandung Barat.
    Terima kasih banyak.

  2. Kami dr jauh walaupun tak dpt menyaksikan langsung dan hanya mendengarkan peresmian via parabola “mengucapkan selamat atas diresmikannya Perwakilan MTA Bandung Barat” yang berkenaan dengan 1 Muharram 1432 H, smg Allah Swt sllu memberikan berkah, rahmad dan HidayajNya kpd kita semua. Salam utk Pengurus MTA Pusat dan Perwakilan MTA Bandung Barat serta seluruh anggota MTA dimanapun berada. Amin.

  3. Semoga sukses dalam penyelanggaraan dan sukses menjadi warga MTA yang siap mengamalkan Islam secara kafah. Amien.

  4. insya Allah datang!
    kalau boleh tau acaranya mulai jam berapa yaa..
    mohon informasinya..
    haturnuhun..

  5. Insya Allah aku datang untuk tugas bersama komponen petugas yang lain. Mudah-mudahan Allah beri kelancaran dan kemudahan segalanya sehingga acara nanti sukses. Amiin

Beri Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.