Sekum MUI Resmikan MTA Perwakilan Pekan Baru

090318-pekanbaru1

Alhamdulillah setelah 3 tahun aktif melakukan kajian Al-quran dan Sunnah puluhan orang di Pekan Baru dibawah pimpinan bapak Alex Joko Suwondo ST akhirnya bergabung secara resmi dengan Majlis Tafsir Al-quran (MTA) sebagai perwakilan di Pekan Baru. Tentu hal ini disambut dengan gembira khususnya oleh warga pengajian di Pekan Baru  dan umumnya seluruh warga MTA, karena hal itu merupakan indikasi berkembangnya dakwah yang dilakukan oleh MTA. Terbukti ribuan peserta pengajian tabligh akbar dalam rangka peresmian ini memadatai gedung Juang 45 yang berada di Jl. Sudirman Pekan Baru, yang datang dari Kota Pekan Baru dan sekitarnya, Aceh, Sumatera Utara dan bahkan datang dari Jakarta, Jogjakarta, Surakarta, Semarang, Madiun, Ngawi, Surabaya dan beberapa daerah lainya di pulau jawa.

Peresmian perwakilan MTA yang ke-32 ini ditandai dengan pelantikan pengurus dan diserahkannya Surat Keputusan (SK) Yayasan MTA dari ketua umum MTA Al-ustadz Drs. Ahmad Sukina kepada pengurus yaitu :

  • Ketua               : Alex Joko Suwondo, ST
  • Wakil Ketua     : Syamsuddin
  • Sekretaris I       : Sarjono, Spd
  • Sekretaris II     : Purwanto
  • Bendahara        : Arjuna Lubis

Pembukaan selubung papan nama perwakilan dilakukan oleh MUI Pusat Jakarta KH. Dr. Amrullah Ahmad selaku Sekretaris Umum (Sekum) MUI.

Dalam kata sambutannya Al-ustadz menyampaikan bahwa MTA adalah lembaga pendidikan dan dakwah yang telah memiliki 32 perwakilan dan ratusan cabang menyebar di berbagai penjuru tanah air, bukan partai politik dan tidak akan menjadi partai politik, tetapi MTA adalah organisasi berbentuk yayasan yang bergerak di bidang pendidikan dan dakwah. MTA hadir untuk menyeru dan mengajak umat Islam ini agar kembali kepada tuntunan yang sebenarnya yaitu Al-qur'an dan Sunnah Nabi, karena hanya dengan kembali kepada tuntunan itulah umat Islam akan selamat sebagai mana sabda Rasul, "Kutinggalkan pada kamu sekalian dua perkara yang kamu tidak akan sesat apabila kamu berpegang teguh kepada keduaya, yaitu : Kitab Allah dan sunnah Nabi-Nya". [HR. Malik].

Kepada para pengurus yang baru saja di lantik Al-ustadz memberikan pesannya agar terus mengembangkan dakwah ini kepada siapa saja terutama umat Islam di Kota Pekan Baru ini, karena memang pengajian yang dilakukan di MTA ini boleh diikuti oleh siapapun dari umat Islam ini, bahkan boleh diikuti dari umat agama lain, karena Al-qur'an ini memang diturunkan untuk seluruh umat manusia, dan juga Rasulullah diutus oleh Allah untuk seluruh umat manusia.

Menyusul beberapa sambutan berikutnya dari MUI Surakarta, sambutan MUI Kota Pekan Baru, Sambutan Wali Kota Pekan Baru. Dalam sambutannya yang pendek Ketua MUI Kota Besar Surakarta Dr. dr. Zaenal Arifin Adnan SpPD, telah memberikan rekomendasi kepada para peserta pengajian yang hadir, bahwa MTA yang berpusat di Surakarta ini adalah lembaga resmi dan tidak termasuk aliran sesat, karena itu dia berharap  agar bisa diterima kehadirannya di Kota Pekan Baru ini.

Sedangkan puncak acara adalah pengajian atau tabligh akbar yang diisi oleh KH. Dr. Amrullah Ahmad selaku Sekum MUI Pusat Jakarta.
Sebagai orang yang pernah ikut ngaji di MTA pada tahun 1974 merasa heran dan kagum dengan perkembangan MTA, karena dulu ketika masih mahasiswa pernah ikut ngaji walaupun tidak aktif kini setelah 35 tahun datang ke MTA Surakarta telah banyak memiliki peserta dan aset yang kuat untuk mengembangkan dakwah agama ini.

Lebih lanjut beliau juga memberikan pesan kepada umat Islam ini dalam menghadapi Pemilu yang akan datang ini, karena kita dalam pemilu ini adalah memilih orang, sedangkan dalam Al-qura'an kita tidak boleh memilih orang kafir dengan meninggalkan orang beriman, karena itu kita sebagai umat Islam yang mengunakan Al-qur'an sebagai pegangan hidup ini agar dalam pemilu nanti benar-benar berhati-hati jangan sampai memilih orang kafir dengan meninggalkan orang beriman. Beliau tambahkan lantas siapa yang disebut orang kafir itu dengan tegas beliau sampaikan bahwa yang menentukan siapa yang kafir dan bukan itu bukan dari kita atau dari MUI tetapi Allah sendiri yang mengatakan di dalam QS. Al-Maidah ayat 44 : "Barangsiapa yang tidak memutuskan menurut apa yang diturunkan Allah, maka mereka itu adalah orang-orang yang kafir."

Semoga dengan diresmikannya perwakilan MTA Pekan Baru ini akan semakin banyak masyarakat yang mau menerima dakwah yang disampaikan oleh MTA.(tik).

Silahkan Klik di sini untuk download rekaman pengajian.


12 komentar pada “Sekum MUI Resmikan MTA Perwakilan Pekan Baru

  1. Selamat menunaikan amar ma’ruf nahi munkar, Alqur’an dan hadits tempat untuk kembali dari berbagai urusan dan masalah

Beri Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.