Satgas MTA Tanam Pohon dalam Aksi Kampanye Indonesia Menanam Pohon di Sangiran, Sragen

SRAGEN - Dalam rangka mewujudkan Jawa Tengah agar kian hijau Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Jawa Tengah menyelenggarakan  kegiatan kampanye Indonesia menanam pada hari Kamis (16/11/2017). Kegiatan berlangsung di Menara Pandang yang termasuk dalam komplek Museum Purbakala Sangiran, Kecamatan Kalijambe, Kabupaten Sragen, Jawa Tengah yang dibuka langsung oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Gambar: Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo saat mencangkul tanah untuk media menanam pohon

Kegiatan yang digelar oleh dinas lingkungan hidup dan kehutanan ini juga berlangsung di perkebunan Bendo, serta di perkebunan kawasan Museum Ngebung, diikuti oleh ribuan relawan dari sembilan balai pengelolaan hutan provinsi Jawa Tengah, antara lain Semarang, Rembang, Pati, Blora, Wonogiri, Banjarnegara, Brebes, Jepara, Kudus, Cilacap, Magelang, Tegal dan Wonosobo, tidak ketinggalan Majlis Tafsir Al-qur'an perwakilan Sragen pun menerjunkan 60 Satgasnya untuk berpartisipasi dalam aksi menanam ini.

Adapun tanaman yang ditanam  antara lain pohon jati, pohon manga, pohon rambutan, pohon pete, dan jenis pohon lainnya yang berjumlah 9.000 bibit pohon. Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan provinsi Jawa Tengah, Ir. Sugeng Riyanto, M.Sc menyampaikan kegiatan ini bertujuan untuk menjaga kelestarian lingkungan, serta mewujudkan Jawa Tengah yang ijo royo-royo.

Kegiatan Indonesia menanam dibuka langsung oleh Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Prawono. Gubernur berharap kegiatan Indonesia menanam ini tidak hanya berupa kegiatan seremonial. Melainkan harus diwujudkan dengan aksi nyata dengan menanam pohon.