SAR MTA Dampingi Linmas Pasarkliwon dalam Pelatihan Water Rescue

SURAKARTA - SAR MTA Dampingi Linmas Pasarkliwon dalam Pelatihan Water Rescue

Kerja sama antara SAR MTA dengan pemerintah telah terjalin sejak lama, Kali ini SAR MTA mendapatkan kesempatan untuk mendampingi seratusan anggota Satuan Perlindungan Masyarakat atau Linmas di Kecamatan Pasarkliwon Surakarta dalam pelatihan water rescue. Pelatihan bertempat di Kali Jenes, Kenteng, Semanggi, Pasarkliwon, Surakarta. Pada hari Kamis tanggal 30 Maret 2017.

Dalam pelatihan ini, SAR MTA menerjunkan sejumlah personelnya berikut perahu karet dan pelampung sebagai penunjang keamanan. Seluruh peserta menerima materi dasar water rescue mulai dari pengenalan perahu karet hingga pertolongan saat terjadi kecelakaan di air. Water rescue menjadi salah satu materi yang disampaikan dalam kegiatan pelatihan kebencanaan bagi Linmas guna meningkatkan kesiagaan dan keterampilan anggota Linmas dalam bidang kebencanaan.

Ketua Panitia Pelatihan dari Kecamatan Pasarkliwon, Drs Mardiono Joko Setiawan mengungkapkan water rescue menjadi salah satu materi yang disampaikan dalam kegiatan pelatihan kebencanaan bagi Linmas. Selain water rescue anggota Linmas juga mendapatkan materi mengenai Bantuan Komunikasi atau Bankom, Wawasan Kebangsaan, pengamanan dan ketertiban masyarakat, manajemen bantuan serta Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan.

Untuk berbagai materi tersebut, Linmas Pasar Kliwon juga menggandeng Tagana, Sibat Semanggi, Polri, TNI, serta BPBD. Dari berbagai pelatihan yang dilaksanakan diharapkan mampu menambah wawasan dan keterampilan anggota Linmas sesuai tugas pokok dan fungsinya dalam menjaga ketenteraman dan keamanan masyarakat, serta penanganan kebencanaan.

Joko menambahkan, keterlibatan SAR MTA dalam pelatihan ini lantaran keduanya telah sering bekerja sama, baik dalam kegiataan kebencanaan maupun kegiatan bakti sosial.