Presiden dan Ketua MPR RI akan Hadiri Silatnas MTA III

SURAKARTA - Presiden Republik Indonesia (RI), Ir Joko Widodo (Jokowi), serta Ketua MPR RI, Dr (HC) Zulkifli Hasan, SE, MM, dijadwalkan akan hadir dalam acara Silaturahim Nasional (Silatnas) MTA III, pada Ahad (17/9/2017). Silatnas MTA akan berlangsung di Stadion Manahan Solo, mulai pukul 08.30 WIB.

Kepala Bagian Operasi (Kabag Ops) Polresta Surakarta, Kompol Arief Joko Saptomo dalam jumpa pers di Gedung MTA, Kamis (14/9/2017) menjelaskan, pihaknya telah berkoordinasi dengan berbagai pihak demi kelancaran dan suksesnya agenda Silatnas MTA III. Bahkan Polresta akan menerjunkan 1.000 personelnya guna membantu TNI dalam pengamanan tamu dan peserta.

“Kami akan menerjunkan 1.000 personel Polisi di Ring 2 dan Ring 3. Jadi Polisi akan membantu secara terbatas TNI yang mengamankan di Ring 1,” ujar Kompol Arief Joko.

Di sisi lain, Kabag Ops berharap warga Kota Solo dapat menyesuaikan diri dengan ratusan ribu tamu yang datang dari seluruh Indonesia, demi kelancaran acara Silatnas MTA III. Sedangkan kepada peserta, pihaknya berpesan agar menempati kantong-kantong parkir yang telah disediakan. Demi mengantisipasi adanya kemacetan lalu lintas, maka peserta diwajibkan turun  dari kendaraan masing-masing di lokasi parkir, sebab Jalan seputar Stadion Manahan akan ditutup dan dibebaskan dari segala bentuk kendaraan, kecuali untuk tamu VVIP.

Kepala Bidang Lalu Lintas, Dinas Perhubungan Kota Solo, Sri Baskoro dalam kesempatan yang sama menyampaikan, Solo memiliki jaringan jalan yang terbatas, begitu pula ruang parkir yang terbatas. Pada Ahad nanti, di Kota Solo akan ada tiga agenda yang berada di lokasi yang berdekatan. Yaitu Silatnas MTA di Stadion Manahan, agenda rutin car free day (CFD) di Jalan Slamet Riyadi, serta Solo Pet Expo di Balekambang.

"Dengan jumpa pers ini setidaknya masyarakat tahu besok hari Minggu akan mengurangi kegiatan dan melintas di sekitar kawasan Manahan," katanya. Tri Idayati