Pengeringan DAM Colo Sukoharjo Libatkan SAR MTA

SUKOHARJO - Sebagai upaya perawatan bendungan bendung Colo atau juga dikenal dengan nama DAM Colo, akhirnya dilakukan proses pengeringan pada Kamis (05/10) bendung Colo berada di Desa Pengkol Kecamatan Nguter, Kabupaten Sukoharjo yang berbatasan dengan Desa Sendang Ijo Kecamatan Selogiri, Kabupaten Wonogiri.

Proses pengeringan terhadap bendung seluas 23.200 hektare ini, didukung anggota Polsek dan Koramil, Nguter, Basarnas, Pos SAR Surakarta, SAR Kabupaten Sukoharjo, serta SAR MTA.

Proses pengeringan Bendung ini pun mengundang perhatian masyarakat sekitar, sejak pagi ratusan orang berdatangan untuk menyaksikan langsung proses pengeringan, serta sebagian lainnya memanfaatkan kesempatan ini untuk mencari ikan.

Kepala sub divisi air dan sumber air tiga-dua, Ahmad Syuhairus Syam menyampaikan, tujuan pengeringan Bendung Colo ialah guna memberi kesempatan kepada balai besar wilayah sungai Bengawan Solo untuk melaksanakan normalisasi saluran irigasi Colo Timur dan Barat.

Sementara Amin Yahya Kepala Basarnas POS SAR Surakarta mengatakan, pihaknya menempatkan puluhan relawan di empat titik untuk memantau masyarakat yang akan terjun ke air.

Salah seorang personel SAR MTA yang turut dalam pengamanan di Bendung Colo, Husain Musthofa berpesan kepada masyarakat agar lebih waspada dan berhati-hati saat beraktivitas di Bendung Colo saat pintu air dibuka.