Panglima TNI : “Pancasila adalah Dasar Negara yang Hebat dan Ulamalah yang Membuatnya”

SURAKARTA - Panglima TNI, jenderal Gatot Nurmantyo menyampaikan kuliah umum wawasan kebangsaan dalam pengajian di gedung MTA pusat, Ahad pagi 30 Juli 2017. Melalui materi berjudul tantangan dan peluang menjadi pemenang dalam kompetisi global, panglima TNI antara lain menjelaskan mengenai peran ulama, kiai, dan santri dalam merebut dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

Panglima TNI pun memaparkan, ulama berperan dalam perumusan aturan BPUPKI, sehingga lahirlah pembukaan UUD 1945, dalam UUD 1945 ini pada alenia pertama terdapat kalimat yang tidak boleh diubah selamanya yaitu “Dengan rahmat Allah yang Maha Kuasa, dan didorong oleh keinginan luhur”.

Dengan begitu, panglima TNI menegaskan kembali dalam materinya “Adalah hal yang tidak betul jika ada pihak pihak yg mengatakan bahwa ulama merusak bangsa ini, dan merusak Pancasila.

Panglima TNI menambahkan, Pancasila adalah dasar negara yg hebat dan ulamalah yang membuatnya. Sedangkan generasi saat ini hanya sebagai penikmat kemerdekaan yang tidak ikut berjuang. Sehingga panglima TNI menegaskan Pancasila sebagai ideologi negara, jangan pernah diubah lagi.