Okinawa Karate Kobudo Kini Miliki Sembilan Dojo di Indonesia

Surakarta - Setelah mengikuti ujian kenaikan tingkat pada September 2019 lalu, sejumlah Kobudoin Okinawa Karate Kobudo Bumbukang Indonesia menerima sertifikat kenaikan tingkat nana kyu atau kyu tujuh hingga nidang atau sabuk hitam dan dua. Sertifikat yang dikirim langsung dari Okinawa Jepang ini, berlaku internasional karena dituliskan dalam dua bahasa, yaitu bahasa jepang dan bahasa inggris

Sertifikat diserahkan oleh Pimpinan Pusat MTA Al Ustadz Drs. Ahmad Sukina di lantai empat gedung MTA pusat pada Ahad 26 Januari lalu. Acara penyerahan sertifikat ini diikuti seluruh Kobudoin dan dihadiri sejumlah pengurus perwakilan MTA dari berbagai daerah.

Ketua Bumbukang Okinawa Kobudo Indonesia Doktor Enjinering Wahyul Amien Syafei, ST, MT, mengatakan Bumbukang berkantor pusat di Jepang dan memiliki perwakilan di beberapa negara di luar jepang, dan salah satunya di Indonesia.

Di Indonesia merupakan perwakilan Bumbukang yang pertama sehingga bisa dikatakan Okinawa karate kobudo masuk ke Indonesia melalui Majlis Tafsir Alquran. Hal ini karena dojo atau tempat berlatih Bumbukang yang pertama di Indonesia adalah di gedung MTA pusat Surakarta. Pihaknya berharap keberadaan Okinawa karate kobudo ini mampu memberikan kontribusi nyata di jalan dakwah fii sabilillah.

Hingga saat ini, Okinawa karate kobudo telah memiliki sembilan dojo di Indonesia. Yaitu di gedung MTA pusat Surakarta setiap Ahad sore, Kudus pada  Selasa malam, dan Grobogan pada Rabu malam. Selain itu juga ada di Ngawi, Sukoharjo, Banyumas dan Gresik pada Kamis malam, Klaten pada Sabtu malam dan SDIT MTA Juwiring pada Sabtu pagi.

Dari Surakarta, Jawa Tengah Rachmat Triyanto melaporkan.