Nilai Qurban MTA Se-Indonesia Capai Rp 45,7 Miliar

Surakarta - Perayaan hari 'Iedul Adlha yang dirangkai dengan penyembelihan hewan qurban telah selesai dilaksanakan oleh umat muslim di seluruh dunia. Begitu pula di Indonesia, Majlis Tafsir Alquran yang memiliki 604 cabang dan perwakilan, selama empat hari yaitu dari tanggal 21 hingga 24 Agustus 2018 telah melaksanakan ibadah qurban yang dipusatkan di sejumlah titik lokasi.

Di MTA pusat, lokasi penyembelihan dibagi menjadi tiga lokasi. Yaitu pusat satu di MTA Makamhaji Sukoharjo, pusat dua di MTA Matesih satu Karanganyar, serta pusat tiga di MTA Polokarto satu Sukoharjo.

Data terakhir yang masuk ke bagian Kesekretariatan MTA pusat secara keseluruhan, di MTA pusat satu, dua, dan tiga selama empat hari telah menyembelih 602 ekor sapi atau meningkat 38 ekor dibandingkan tahun lalu yang mencapai 564 ekor sapi. Sedangkan jumlah kambing tahun 2018 ini mencapai 5.363 ekor meningkat 318 ekor dibandingkan tahun lalu yang mencapai 5.045 ekor kambing.

Jika diakumulasi, nilai qurban dari MTA pusat satu, dua, dan tiga tahun ini hampir mencapai 24 Miliar atau meningkat sebesar lima miliar rupiah dibandingkan tahun lalu yang mencapai sekitar 18 miliar rupiah.

Selain di MTA pusat, penyembelihan hewan qurban juga berlangsung di berbagai lokasi. Salah satunya ialah di MTA perwakilan kota Semarang yang membagi tempat penyembelihan menjadi dua lokasi, yaitu di Semarang satu yaitu di MTA Mijen, dan Semarang dua di MTA Gajah Mungkur. Tahun ini, MTA Semarang menyembelih 65 ekor sapi dan lima ekor kambing yang dikemas menjadi 9.425 paket daging dalam besek.

Di Jawa Barat, MTA Perwakilan Bogor melaksanakan penyembelihan sebanyak enam ekor sapi yang dibagikan untuk seluruh warga MTA Bogor, masyarakat sekitar majlis, pejabat setempat, serta pengurus MUI Cibinong.

Di MTA Wonosobo Jawa Tengah, proses penyembelihan dilaksanakan pada Rabu 22 Agustus 2018 di gedung majlis setempat. Proses penyembelihan  9 ekor sapi dan empat ekor kambing dipercayakan kepada juru sembelih yang telah mendapatkan sertifikat Juleha atau juru sembelih halal dari dinas peternakan Wonosobo.

Sementara berdasarkan data yang masuk ke bagian Kesekretariatan MTA pusat hingga Sabtu 25 Agustus 2018 siang, secara total MTA seluruh Indonesia yang terdiri dari 604 Cabang dan Perwakilan, telah selesai menyembelih sebanyak 2.053 ekor sapi dan 5.662 ekor kambing. Jumlah sapi yang disembelih tahun ini meningkat sebanyak 212 ekor dibandingkan tahun lalu yang menyembelih sebanyak 1.841 ekor. Jumlah kambing juga meningkat sebanyak 422 ekor dibandingkan tahun lalu yang berjumlah 5.240 ekor.

Sedangkan nilai nominal hewan qurban yang disembelih oleh MTA seluruh Indonesia tahun ini mencapai 45,7 Miliar rupiah. Berdasarkan jumlah tersebut, berarti nilai nominal qurban MTA seluruh Indonesia ada kenaikan sebesar 11,2 Miliar rupiah.

Kondisi ini menunjukkan bahwa pemahaman dan kesadaran umat muslim untuk berqurban semakin bertambah. Hal itu sesuai isi khutbah Dr. H. Abdurrauf, Lc. MA, dalam shalat Iedul Adlha yang diselenggarakan MTA pada hari Selasa (21/08) lalu. Bahwa qurban merupakan salah satu bentuk kepatuhan atau kepasrahan diri kepada Allah SWT, bentuk sabar dan ridha terhadap ujian Allah, sekaligus sebagai bentuk pengorbanan seorang hamba demi mendapatkan ridha dari Allah SWT.