MTA Perwakilan Tanah Karo Diresmikan

090619-mta-karoKabanjahe (19/06/09)

Di suasana yang dingin dan sejuknya udara di kota Kabanjahe Kabupaten Karo Sumatera Utara dengan disaksikan oleh ribuan jamaah tabligh akbar, MTA perwakilan Karo telah diresmikan. Hadir pada kesempatan tersebut seorang menteri asal dari Tanah Karo yaitu menteri kehutanan Dr. MS Ka'ban.

Acara dimulai setelah menjalankan sholat Jum'at dengan diawali laporan panitia oleh Bp. Sarijo, SAG ketua MTA perwakilan Deli Serdang. Kemudian diteruskan dengan pengukuhan pengurus dengan ditandai penyerahan SK pengurus oleh Ketua Umum MTA dan peresmian MTA perwakilan Kro dengan ditandai pembukaan selubung papan nama oleh menteri kehutanan.

Adapaun susunan pengurus MTA Perwakilan Karo adalah sebagai berikut :

  • Ketua I             : Ramelan Meliala, Spd
  • Ketua II            : Muhammad Yasiruddin
  • Sekretaris I      : Samsir Hariansyah
  • Sekretaris II     : Arifin Ginting, SAG
  • Bendahara      : Erwin

Kepada pengurus yang baru dilantik Al-ustadz Drs. Ahmad Sukina berkenan memberikan arahan atau nasehat, namun sebelum beliau menyampaikan arahannya kepada para pengurus atau kepada para warga MTA yang hadir beliau menekankan kembali bahwa MTA bukan partai politik dan bukan organisasi masa tetapi lembaga dakwah yg berbadan hukum berbentuk Yayasan yang bertujuan mengajak kepada umat Islam untuk mencintai dan kembali kepada Al-qur'an.

Karena seruan ini adalah sesuai dengan perintah Allah dalam Al-qur'an Surat Fusilat ayat 33 : Siapakah yang lebih baik perkataannya daripada orang yang menyeru kepada Allah, mengerjakan amal yang saleh, dan berkata: "Sesungguhnya aku termasuk orang-orang yang menyerah diri?" [QS.41:33].

Berdasarkan ayat tersebut bahwa ajakan atau seruan yang paling baik adalah menyeru kepada Allah yaitu menyeru kepada Al-qur'an, karena itu kehadiran MTA ini adalah untuk menyeru kepada seruan yang paling baik yaitu kembali kepada Al-qur'an.

Oleh karena itu kehadiran MTA di sini bukan untuk mengajak kepada partai politik tertentu atau organisasi kelompok tertentu, melainkan mengajak kepada seluruh umat untuk mempelajari dan mengamalkan Al-qur'an sebagaimana Allah perintahkan dalam Al-qur'an surat Shaad ayat 29 : Ini adalah sebuah kitab yang Kami turunkan kepadamu penuh dengan berkah supaya mereka memperhatikan ayat-ayatnya dan supaya mendapat pelajaran orang-orang yang mempunyai fikiran [QS.38:29].

Inilah tujuan Al-qur'an ini diturunkan kepada manusia agar dicermati, diperhatikan ataupun dipelajari dan untuk diambil pelajaran atau diamalkan bagi orang yang berakal.

Kepada para pengurus yang baru dilantik beliau berpesan agar siap berkorban baik tenaga, fikiran, waktu maupun harta untuk berjuang dalam mengajak kepada umat Islam kembali kepada Al-qura'an, karena siapapun warga MTA tidak boleh mengharapkan imbalan apapun dari manusia atas seruan yang disampaikan. Kepada para hadirin silahkan bergabung dengan MTA untuk mempelajari Al-qur'an tanpa dipungut biaya. Kepada seluruh warga MTA yang akan menghadapi pilihan presiden ini tidak perlu memikirkan siapa yang akan dipilih nanti tetapi tunggu saja pimpinan pusat menentukan siapa yang akan dipilih nanti, hal ini agar warga tetap bisa menjaga kesatuan dan keutuhan.

Hadir juga pada acara peresmian ini Ketua MUI Surakarta Dr. dr Zainal Arifin A Sp PD,

yang berkenan memberikan sambutan singkatnya bahwa  MTA bukan termasuk organisasi yang terlarang, tetapi MTA sebagai organisasi dakwah yang legal yang di dalamnya dikaji Al-qur'an dan As sunnah, karena itu beliau telah merekomendasikan kepada seluruh masyarakat Islam di Kabupaten Karo ini untuk menerima kehadiran MTA di sini, kepada ketua MUI dan pejabat Depag di Kabupaten Karo, ketua MUI surakarta ini menitipkan MTA, agar kalau ada sesuatu yang dirasa menyimpang untuk didatangi dan ditegur atau diingatkan.

Ketua MUI Tanah Karo Drs. H. Adnan Effendi dalam sambutannya mengucapkan selamat kepada para pengurus MTA perwakilan Tanah Karo, mudah-mudahan bisa bergandengan tangan untuk memajukan dakwah di kabupaten Tanah Karo ini, mudah-mudahan Allah akan selalu menuntun kita agar syiar Islam ini dapat kita laksanakan dengan sebaik-baiknya.

Sambutan yang lain dari Kadispora Drs. Wilem Peranginangin yang menggantikan Bupati Karo menyampiakan, atas nama pemerintah menyambut dengan baik atas diresmikannya MTA di tanah Karo ini, dan tentunya masyarakat muslim di Tanah Karo merasa bangga dan berbesar hati atas diresmikannya MTA di tanah karo yang kita cintai ini. Selanjutnya pemerintah daerah berharap lembaga ini nantinya akan mampu memberikan sumbangsih terhadap pembangunan terutama dalam bidang pembinaan umat beragama dan pendidikan moral anak bangsa yang kita cintai ini. Semoga dengan hadirnya MTA ini, kerukunan umat bergama di Tanah Karo dapat dipelihara dan semakin ditingkatkan.

Pada kesempatan yang kesekian kalinya menteri yang mengikuti berbagai kegiatan MTA yaitu Menteri kehutanan DR. MS Ka'ban, SE, Msi mengawali sambutannya dengan salam khas masyarakat Tanah Karo, "Majuah-Juah", karena memang beliau itu asli dari Tanah Karo, sehingga tidak asing dengan bahasa Karo. Lebih lanjut beliau merasa bersyukur karena di Tanah Karo ini telah berdiri MTA. Sebagaimana harapan bupati Tanah Karo beliau tegaskan kembali pentingnya mengkaji Al-qur'an dan sebagaimana ajakan ketua umum MTA beliau juga mengajak agar ayo rame-rame ikut mengkaji Al-quran baik yang muslim maupun non muslim, karena Al-quran memang diturunkan tidak untuk orang muslim saja.

Kita ingat beberapa waktu yang lalu Presiden Amerika yang pernah besar di Indonesia ketika berkunjung ke Mesir dalam sambutanya banyak mengutip ayat-ayat Al-qur'an.

Barangkali para hadiri ada yang heran kenapa MTA koq ada menteri kehutanan, apa hubungannya..? Dengan kelakar beliau menjawab, "Itulah hebatnya menteri kehutanan". Beliau menyadari bahwa sejak diamanahi oleh presiden sebagai menteri kehutanan, maka perlu mencari metode untuk menyampaikan misinya kepada masyarakat Indonesia yang mayoritas beragama Islam. Karena itu sejak ketemu MTA beliau menyadari pentingnya untuk menyampaikan misinya kepada masyarakat untuk menjaga hutan ikita ini melalui bahasa Al-qur'an, karena memang Al-qur'an mengamanahkan untuk menyelamatkan alam dan menjaga bumi ini, seperti petikan ayat "janganlah melakukan kerusakan di muka bumi". Karena itu pak menteri maupun presiden sekarang ini menghimbau untuk melakukan gerakan menanam kembali.

Sebagai puncak acara tabligh akbar ini adalah pengajian umum yang disampaikan oleh salah satu Ketua MUI Pusat Jakarta yaitu Brigjen (Purn) H. A. Nazri Adlani.

Sebagaimana disampaikan pimpinan MTA sebelumnya bahwa Al-qur'an ini penuh berkah untuk dipelajari, karena itu walaupun Al-qur'an ini diturunkan 1400 tahun yang lalu namun tidak pernah ada habisnya untuk dipelajari oleh siapa saja termasuk tadi yang disampaikan oleh presiden Barack Obama, karena memang Al-qur'an ini diturunkan untuk rahmat sekalian alam.

Dengan Al-qur'an mengingatkan kita akan nikmat atau rahmat Allah kepada kita yang tidak bisa kita dustakan, kita lihat dalam surat Ar-Rahman yang terdiri 78 ayat, namun Allah mengatakan, "Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan?" sebanyak 31 kali. Pada surat tersebut kita akan mengetahui tentang nikmat atau rahmat Allah kalau kita mau mempelajari Al-qur'an karena disitulah Allah mengajarkan kepada manusia tentang Al-qur'an, tentang ilmu pengetahuan seperti matahari dan bulan juga Allah mengajarkan tentang pohon-pohonan dan lain sebagainya, begitu hebatnya Al-qur'an yang telah diturunkan Allah SWT. Masih dalam surat Ar-rahman tersebut banyak sekali nikmat atau rahmat Allah yang kita dapati di negeri Indonesia ini seperti ayat yang berarti adanya sungai sungai yang bertemu yang padanya keluar mutiara-mutiara. Negeri manalagi yang terkenal dengan sungai-sungai yang banyak yang menhasilkan mutiara-mutiara melainkan negeri Indonesia ini.

Karena itu kita harus bersyukur atas nikmat-nikmat tersebut dengan selalu mempelajari Al-qur'an ini, maka dari itu sangat penting hadirnya MTA yang saat ini sudah berkembang di seluruh wilayah Indonesia sebagai lembaga dakwah yang tidak berpolitik yang selalu mengajak kepada umat manusia ini untuk mempelajari Al-quran.

Semoga dengan diresmikannya MTA Tanah Karo  ini dapat semakin mengembangkan dakwah Islam untuk kembali kepada tuntunan yang sebenarnya yaitu Al-qur'an dan sunnah (tik).


5 komentar pada “MTA Perwakilan Tanah Karo Diresmikan

  1. Bismillahirrohman nirrohim
    Ya… Allah tunjukilah umatMu ini ke jalan yang lurus , jalan yang Engkau ridloi bukan jalannya orang-orang yang sesat. Dan berilah kekuatan untuk melaksanakan perintahMu dan menjauhi semua laranganMu ya Allah. Semoga ya Allah kita dijadikan sebagai orang yang istiqomah dalam menjalankan perintahMu , tetap berpegang teguh pada Al Quran dan Sunah Rasul ,ya Allah. Serta senantiasa diajuhkan dari perbuatan-perbuatan bid’ah, syirik, dan kurofat.. Ya Allah , ampunilah semua dosa-dosa kami. Selamatkanlah kami di dunia dan akhirat, amiin.

  2. Biar nggak seperti yang terjadi : وإذا أردنا أن نهلك قرية أمرنا مترفيها ففسقوا فيها فحق عليها القول فدمرناها تدمير
    pada pikul 17.16 di Padang Pariaman mari kita dukng perwakilan dari Tanah Karo kemudian di geser ke Padang dan sekitarnya

  3. Mudah-mudahan Allah SWT senantiasa melimpahkan rohmat-Nya kepada kita semua
    Yaa Allah, hamba mencintai dan merindukan-Mu, tapi terkadang aku melupakan-Mu
    ampuni hamba ini ya Allah

  4. Alhamdulillah, semoga Allah senantiasa melindungi kita dan menyatukan kita dalam iman, amal sholih dan taqwa, karena dialah tali persaudaraan yang sebenarnya. Selamat saudara-saudaraku dari KabanJahe, semoga semakin dicintai oleh jutaan umat yang mendambakan kebahagiaan lahir dan batin, selamat berda’wah hingga ke ujung dunia….!!!

Beri Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.