MANTAB di jalan IMAN dan AMAL SHOLIH

covid19-corona-mta-solo

Segala puji hanya layak untuk Allah, sholawat dan salam semoga senantiasa tercurah kepada Rasulullah Muhammad Saw, keluarga, sahabat dan seluruh pengikutnya. Salam untuk seluruh Nabi-Nabi dan Rasul-Rasul-Nya.

Allah SWT telah menurunkan demikian banyak Nabi dan Rasul yang Allah beri petunjuk kepada mereka dan sekaligus ada yang Allah lengkapi mereka dengan Kitab Suci. Termasuk Rasulullah Muhammad SAW sebagai Rasul terakhir.  Rasulullah membawa syareat paripurna yang berlaku sejak beliau diutus hingga akhir zaman nanti.

Dari zaman ke zaman setiap Nabi dan Rasul selalu saja membawa ajaran Islam (ajaran tentang keselamatan, kebahagiaan dan perdamaian) dan ajaran yang menyadarkan  manusia bahwa hidup di dunia adalah perjalanan menuju kehidupan akherat.  Dan sekaligus kebahagiaan di akherat tergantung kepada ketekunan manusia menempuh  jalan kebahagiaan, keselamatan dan perdamaian yang harus  ditempuh oleh manusia ketika hidup di dunia.

Al-Qur’an dan As-Sunnah memuat banyak tentang kewajiban manusia untuk memegang rukun iman dengan sebaik-baiknya termasuk iman kepada Allah dan Hari Akhir. Dan memberi tahu bahwa hidup di dunia adalah ujian, ujian dalam menekuni dan memegang teguh jalan iman dan amal sholih. Beberapa firman Allah diantaranya

مَّن كَانَ يُرِيدُ ثَوَابَ الدُّنْيَا فَعِندَ اللّهِ ثَوَابُ الدُّنْيَا وَالآخِرَةِ وَكَانَ اللّهُ سَمِيعاً بَصِيراً

Barangsiapa yang menghendaki pahala di dunia saja (maka ia merugi), karena di sisi Allah ada pahala dunia dan akhirat. Dan Allah Maha Mendengar lagi Maha Melihat.(QS 4 An Nisaa’ ayat 134)

مَن كَانَ يُرِيدُ الْحَيَاةَ الدُّنْيَا وَزِينَتَهَا نُوَفِّ إِلَيْهِمْ أَعْمَالَهُمْ فِيهَا وَهُمْ فِيهَا لاَ يُبْخَسُونَ ﴿١٥﴾ أُوْلَـئِكَ الَّذِينَ لَيْسَ لَهُمْ فِي الآخِرَةِ إِلاَّ النَّارُ وَحَبِطَ مَا صَنَعُواْ فِيهَا وَبَاطِلٌ مَّا كَانُواْ يَعْمَلُونَ

  1. Barangsiapa yang menghendaki kehidupan dunia dan perhiasannya, niscaya Kami berikan kepada mereka balasan pekerjaan mereka di dunia dengan sempurna dan mereka di dunia itu tidak akan dirugikan.
  2. Itulah orang-orang yang tidak memperoleh di akhirat, kecuali neraka dan lenyaplah di akhirat itu apa yang telah mereka usahakan di dunia dan sia-sialah apa yang telah mereka kerjakan? (QS 11 Huud ayat 15 sd 16)

Penghayatan iman sangatlah penting untuk dijelas jelaskan kepada setiap manusia yang ingin bahagia di dunia dan di akherat.  Selain hukum-hukum fiqih yang harus difahami dengan penuh pengamalan, namun manusia perlu sangat faham dengan penghayatan rukun iman.

Dan dengan iman itulah maka setiap perbuatan manusia diniatkan untuk selalu beramal sholeh, amal yang diarahkan untuk mendapat ridho Allah dan Rahmat Allah. Itulah sumber keselamatan, kebahagiaan dan kedamain dalam kehidupan di Dunia dan di Akherat. Banyak Ayat Allah yang selalu memadukan antara iman dan amal sholih untuk selalu dikerjakan oleh manusia, antara lain

وَعَدَ اللّهُ الَّذِينَ آمَنُواْ وَعَمِلُواْ الصَّالِحَاتِ لَهُم مَّغْفِرَةٌ وَأَجْرٌ عَظِيمٌ

Allah telah menjanjikan kepada orang-orang yang beriman dan beramal saleh, (bahwa) untuk mereka ampunan dan pahala yang besar.(QS 5 Al Maidah ayat 9)

الَّذِينَ آمَنُواْ وَعَمِلُواْ الصَّالِحَاتِ طُوبَى لَهُمْ وَحُسْنُ مَآبٍ

Orang-orang yang beriman dan beramal saleh, bagi mereka kebahagiaan dan tempat kembali yang baik.(QS 13 Ar Raad 29)

وَأُدْخِلَ الَّذِينَ آمَنُواْ وَعَمِلُواْ الصَّالِحَاتِ جَنَّاتٍ تَجْرِي مِن تَحْتِهَا الأَنْهَارُ خَالِدِينَ فِيهَا بِإِذْنِ رَبِّهِمْ تَحِيَّتُهُمْ فِيهَا سَلاَمٌ

Dan dimasukkanlah orang-orang yang beriman dan beramal saleh ke dalam surga yang mengalir di bawahnya sungai-sungai, mereka kekal di dalamnya dengan seizin Tuhan mereka. Ucapan penghormatan mereka dalam surga itu ialah "salaam" (QS 14 Ibrahim ayat 23)

إِنَّ الَّذِينَ آمَنُوا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ إِنَّا لَا نُضِيعُ أَجْرَ مَنْ أَحْسَنَ عَمَلاً

Sesungguhnya mereka yang beriman dan beramal saleh, tentulah Kami tidak akan menyia-nyiakan pahala orang-orang yang mengerjakan amalan (nya) dengan baik.(QS 18 Al Kahfi  ayat 30)

إِنَّ الَّذِينَ آمَنُوا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ كَانَتْ لَهُمْ جَنَّاتُ الْفِرْدَوْسِ نُزُلاً

 Sesungguhnya orang-orang yang beriman dan beramal saleh, bagi mereka adalah surga Firdaus menjadi tempat tinggal, (QS 18 Al Kahfi 107)

إِنَّ الَّذِينَ آمَنُوا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ سَيَجْعَلُ لَهُمُ الرَّحْمَنُ وُدّاً

Sesungguhnya orang-orang yang beriman dan beramal saleh, kelak Allah Yang Maha Pemurah akan menanamkan dalam (hati) mereka rasa kasih sayang.(QS 18  Maryam ayat 96)

الْمُلْكُ يَوْمَئِذٍ لِّلَّهِ يَحْكُمُ بَيْنَهُمْ فَالَّذِينَ آمَنُوا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ فِي جَنَّاتِ النَّعِيمِ

Kekuasaan di hari itu ada pada Allah, Dia memberi keputusan di antara mereka. Maka orang-orang yang beriman dan beramal saleh adalah di dalam surga yang penuh keni`matan.(QS 22  Al hajj ayat 56)

وَالَّذِينَ آمَنُوا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ لَنُكَفِّرَنَّ عَنْهُمْ سَيِّئَاتِهِمْ وَلَنَجْزِيَنَّهُمْ أَحْسَنَ الَّذِي كَانُوا يَعْمَلُونَ

Dan orang-orang yang beriman dan beramal saleh, benar-benar akan Kami hapuskan dari mereka dosa-dosa mereka dan benar-benar akan Kami beri mereka balasan yang lebih baik dari apa yang mereka kerjakan.(QS 29 Al Ankabut ayat 7)

إِلَّا الَّذِينَ آمَنُواْ وَعَمِلُواْ الصَّالِحَاتِ لَهُمْ أَجْرٌ غَيْرُ مَمْنُونٍ

Tetapi orang-orang yang beriman dan beramal saleh, bagi mereka pahala yang tidak putus-putusnya. (QS 84 Al Insyiqaaq ayat 25)

Begitu banyak firman Allah yang memerintah manusia untuk menetapi jalan Iman dan amal sholeh dan juga berbagai macam balasan kenikmatan lahir dan batin yang pasti Allah curahkan kepada mereka-mereka yang hidupnya selalu menempuh jalan tersebut.

Segala kemuliaan, ketinggian, kenikmatan, selalu saja harus ditempuh dengan cara bersungguh sungguh dalam menggapainya.  Tidak mungkin tanpa kesabaran dan ketekunan manusia akan dapat sadar dan sabar dan mengetahui arti penting menjalani hidup dalan jalan iman dan amal sholeh.

وَمَن جَاهَدَ فَإِنَّمَا يُجَاهِدُ لِنَفْسِهِ إِنَّ اللَّهَ لَغَنِيٌّ عَنِ الْعَالَمِينَ

Dan barangsiapa yang berjihad, maka sesungguhnya jihadnya itu adalah untuk dirinya sendiri. Sesungguhnya Allah benar-benar Maha Kaya (tidak memerlukan sesuatu) dari semesta alam.(QS 29 Al Ankabut ayat 6)

وَالَّذِينَ جَاهَدُوا فِينَا لَنَهْدِيَنَّهُمْ سُبُلَنَا وَإِنَّ اللَّهَ لَمَعَ الْمُحْسِنِينَ

Dan orang-orang yang berjihad untuk (mencari keridhaan) Kami, benar-benar akan Kami tunjukkan Kepada mereka jalan-jalan Kami. Dan sesungguhnya Allah benar-benar beserta orang-orang yang berbuat baik.(QS 29 Al Ankabut ayat 69)

Allah menuntun kepada manusia untuk bersungguh sungguh memahami manfaat menempuh jalan iman dan amal sholeh dan kemudian memerintah untuk bersungguh sungguh selalu saja menempuh jalan iman dan amal sholeh. Maka keselamatan, kebahagiaan dan kedamaian akan Allah curahkan kepada mereka.

Masihkah kita akan ragu ragu untuk tekun di dalam jalan iman dan amal sholeh yang Allah jelaskan tersebut.  Masih banyak di hari ini orang yang tidak faham tujuan hidup dan jalan hidup yang benar, sehingga masih banyak manusia yang  mengisi hidup untuk sekedar berebut kenikmatan dunia, berebut tahta, berebut  harta, berebut penghormatan, suka pamer, suka ujub diri, bangga diri, suka sombong, pamer kekuatan, pamer kehebatan, pamer kecerdasan, pamer ketrampilan, pamer kecantikan dan ketampanan, suka dan merasa aman berbuat dosa dosa besar, dan berbuat dzolim dan aniyaya pada diri dan orang lain,  dan hal ini biasanya akan dilanjutkan  dengan saling iri dan saling dengki dan hal yang demikian dapat berlanjut pada keinginan menuju kepada saling menebarkan permusuhan, pertikaian, kesengsaraan dan kehancuran.

Mari kita kembali tekun membaca, memahami, menghayati, dan mengilmui serta mohon kekuatan kepada Allah agar dapat mengamalkan iman dan amal sholih yang telah Allah jelaskan, sehingga kita akan kembali pada jalan keselamatan, kebahagiaan, kemuliaan, kesejahteraan, kedamaian, kerukunan dan kasih sayang diantara manusia, baik di Dunia hingga di akherat. Wallahu a’lam