Longsor Timbun 30 Rumah di Sukabumi, 15 Orang Masih Hilang

Sukabumi - Peristiwa tanah longsor terjadi di kampung Garehong, dusun Cimapag, desa Sirnaresmi, kecamatan Cisolok, kabupaten Sukabumi, Jawa Barat pada hari Selasa petang tepat pada tanggal 1 Januari lalu. Pos informasi Indonesian disaster emergency respons unit atau i-deru menyebutkan, tanah longsor ini telah menimbun 29 unit rumah milik 30 kepala keluarga.

Sebanyak 64 jiwa bisa menyelamatkan diri, tiga jiwa luka luka, 18 orang telah ditemukan dalam kondisi meninggal dunia dan 15 lainnya masih hilang. Proses pencarian dilakukan oleh Basarnas bersama relawan dari berbagai instansi dan potensi termasuk SAR MTA yang menerjunkan personelnya dari wilayah Jawa Barat, Jawa Tengah, Jambi, dan Soloraya.

Kasi OP Basarnas Jakarta, Made Oka mengatakan proses pencarian dilakukan dengan tiga metode. Baik pengerahan alat berat, mesin penyemprot air, serta secara manual. Dan pada hari Kamis 3 Januari 2019 Menteri Sosial Republik Indonesia Agus Gumiwang mengunjungi lokasi tanah longsor untuk menyerahkan dana santunan kepada keluarga korban. Mensos menyampaikan apresiasi atas kerja sama semua pihak yang telah bekerja sama dalam menghadapi bencana longsor di Cisolok.