Islam HARUS terdepan dalam Anti Korupsi

icon-korupsi-mtaBeberapa upaya telah ditempuh untuk membrantas korupsi , saat ini dilakukan oleh beberapa institusi:  Tim Tastipikor (Tindak Pidana Korupsi),  KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi),  Kepolisian, Kejaksaan, BPKP, Lembaga non-pemerintah: Media massa Organisasi massa (mis: ICW). Sesungguhnya bila dibandingkan dengan Era Orde Baru, pada Zaman Reformasi ini pemberantasan korupsi  di Indonesia sudah sangat berkembang, namun hingga kini  hasilnya belum menunjukkan titik terang, mungkin karena sumber oknum korupsi justru berada di dalam institusi penegak hukum (Kepolisian dan Kejaksaan). Hal itu yang membikin pemberantasan korupsi susah diuraikan. Mungkin yang paling tepat pemberantasan korupsi itu dimulai dari diri sendiri.

Tanggal 9 Desember telah ditetapkan sebagai hari anti korupsi  se dunia. Sebagai orang muslim harus menanggapi sebagai aksi gerakan moral yang cukup baik untuk memulai mengetuk pada diri sendiri, dan terus menjaga kebenciannya terhadap korupsi.

Di dalam diri harus ditanamkan betul-betul  bahwa korupsi itu pertanggung jawaban  diakherat nanti itu sangat berat, dan dalam hati sorang mukmin harus dipatrikan kebenciannya terhadap korupsi, sebagaimana bencinya bila dicampakkan ke neraka .

Karena korupsi itu akan merusak tatanan akhlak bangsa , maka seharusnya seorang muslim secara terus menerus menasehatkan kepada diri sendiri, kelurga dan bangsa ini untuk berjihad melawan korupsi. Sudah menjadi pemahaman orang banyak bahwa korupsi di Indonesia ini sudah menjadi penyakit kronis. Dalam seluruh penelitian perbandingan korupsi antar negara, Indonesia selalu menempati posisi paling rendah.

Karena korupsi di Indonesia berkembang secara sistemik, sehingga masyarakat Indonesia (mungkin termasuk orang muslim) menganggap bahwa  korupsi bukan lagi merupakan suatu pelanggaran hukum, melainkan sekedar suatu kebiasaan.  Dengan demikian mata hati bangsa ini seolah-olah buta karena tidak bisa membedakan korupsi itu benar atau salah, padahal umat Islam hampir 88%  dari penduduk di Indonesia, yang seharusnya mengenal betul bahwa korupsi suatu kesalahan besar.

Berdasarkan penilaian Lembaga Dunia, justru Negara yang tidak terkorupsi itu malah Negara Denmark yang menurut catatannya Negara Ateis. Oleh karena itu mengacu pada penilaian Lembaga Dunia itu, maka tidak  ada kaitan antara agama seseorang dengan korupsi. Bagaimana dengan Orang Islam yang diciptakan terbaik ditengah-tengah masyarakat dunia, kok masih ada yang melakukan korupsi?.

Islam itu bukan identitas lho, tapi Islam itu Din (tuntunan hidup di dunia) yang harus diikuti umatnya. Dengan demikian walaupun ada orang mempunyai identitas islam kalau korupsi berarti belum sempurna memenuhi tuntunan Din islam. Menurut aturannya memeluk Din Islam ini harus kafah, sehingga sebagai umat islam yang kuat dan baik mari memberantas korupsi dengan sungguh-sungguh dimulai dari diri sendiri mudah-mudahan berpengaruh luas terhadap Bangsa Indonesia yang mayoritas umat islam. Sudah saatnya umat islam menjadi garda paling depan dalam anti korupsi.

Pada hari ANTI KORUPSI  ini mari kita renungkan kembali ayat -ayat Al-Quran sebagai berikut:

كُنْتُمْ خَيْرَ أُمَّةٍ أُخْرِجَتْ لِلنَّاسِ تَأْمُرُونَ بِالْمَعْرُوفِ وَتَنْهَوْنَ عَنِ الْمُنْكَرِ وَتُؤْمِنُونَ بِاللَّهِ وَلَوْ آمَنَ أَهْلُ الْكِتَابِ لَكَانَ خَيْرًا لَهُمْ مِنْهُمُ الْمُؤْمِنُونَ وَأَكْثَرُهُمُ الْفَاسِقُونَ

Kamu adalah umat yang terbaik yang dilahirkan untuk manusia, menyuruh kepada yang ma'ruf, dan mencegah dari yang munkar, dan beriman kepada Allah. Sekiranya Ahli Kitab beriman, tentulah itu lebih baik bagi mereka; di antara mereka ada yang beriman, dan kebanyakan mereka adalah orang-orang yang fasik.  (QS.3 : 110)

وَلْتَكُنْ مِنْكُمْ أُمَّةٌ يَدْعُونَ إِلَى الْخَيْرِ وَيَأْمُرُونَ بِالْمَعْرُوفِ وَيَنْهَوْنَ عَنِ الْمُنْكَرِ وَأُولَئِكَ هُمُ الْمُفْلِحُونَ

Dan hendaklah ada di antara kamu segolongan umat yang menyeru kepada kebajikan, menyuruh kepada yang ma'ruf dan mencegah dari yang munkar; merekalah orang-orang yang beruntung.  (QS.3 : 104)

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا ادْخُلُوا فِي السِّلْمِ كَافَّةً وَلا تَتَّبِعُوا خُطُوَاتِ الشَّيْطَانِ إِنَّهُ لَكُمْ عَدُوٌّ مُبِينٌ

Hai orang-orang yang beriman, masuklah kamu ke dalam Islam secara keseluruhannya, dan janganlah kamu turut langkah-langkah syaitan. Sesungguhnya syaitan itu musuh yang nyata bagimu. (QS : 2 : 208)

Semoga bermanfaat

http://rumaljawi.blogsopt.com


6 komentar pada “Islam HARUS terdepan dalam Anti Korupsi

  1. Korupsi,,jauhkan dr niat/fkiran qt sbg umat islam..
    Korupsi adl ajakan setan,,org yg melakukan korupsi artinya telah tergoda n m’jd tmn setan,,,

  2. Korupsi di Indonesia menjadi sistemik karena tidak tegaknya supremasi hukum dan kurang terimplementasinya dengan benar Ajaran Qur’an dan Sunnah. Qur’an dan sunnah hanya terhenti pada dataran rutinitas ritual tanpa dimaknai sebagai hal yang mampu mengontrol perilaku. .

  3. Meskipun agak pesimis dlm upaya pemberantasan korupsi di negeri kita ini-karena sudah sangat sistemik dan menggurita dan terjadi disemua level masyarakat-usaha meyuarakan anti korupsi harus senantiasa dilaksanakan. Mulai dari diri sendiri, keluarga, teman dekat, dst.

  4. jika SHOLATNYA benar dan ada buahnya dalam kehidupan,karena merasa selalu diawasi Allah,tentu yang mengaku muslim akan terjaga dari korupsi,dan segala benang kusutnya.

  5. Saya juga sepakat bahwa umat islam harus merupakan orang pertama yang memberi contoh TIDAK MELAKUKAN KORUPSI DALAM SEGALA SEGI BAIK YANG MENYANGKUT SOSIAL MAUPUN DALAM URUSAN BIROKRASI KEPEMERINTAHAN. kadang sering sekali dalam urusan kesejarian kita dihadapkan oleh sesuatu kepentingan yang rentan sekali terhadap tindakan korupsi atau setidak tidaknya memancing diri kita atau orang lain untuk melakukan korupsi . misal : mencari perijinan, mencari sim , mengajukan permohonan bantuan dana dll. untuk bisa sukses , trus memberi pelicin , menyuap dsb. 0leh karena itu mari kita bersama sama melakukan perbaikan moral yang dimulai dengan diri kita sendiri, lingkungan keluarga,lingkangan perusahaan, lingkungakn kantor dan dimana saja, JANGAN SAMPAI TINGKAH LAKU KITA MEMANCING ORANG LAIN UNTUK MELAKUKAN DOSA.

  6. Sepakat pak Rum!! korupsi dan sejenisnya harus diberantas..minimal dari 2 sisi, sisi hukum yang adil dan tidak memihak dan sisi pendidikan moral yang harus ditanamkan terus-menerus kepada masyarakat..bukan hal mudah..tapi kalo tidak sekarang..maka kita tidak akan pernah menuai..

Beri Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.