Ir. H. Joko Widodo : “Indonesia Berkontribusi dalam Atasi Persoalan Umat Muslim di Dunia”

SURAKARTA - Sebagai Negara besar dengan penduduk muslim terbesar di dunia, Indonesia  tidak pernah berdiam diri dengan persoalan-persoalan yang dihadapi umat muslim di dunia. Sebab Indonesia memegang teguh amanah konstitusi, bahwa kita wajib ikut serta memelihara ketertiban dunia, yang  berdasarkan  kemerdekaan, perdamaian  abadi  dan   keadilan  sosial.

Hal tersebut disampaikan Presiden Republik Indonesia, Ir. H. Joko Widodo (Jokowi) saat berpidato dalam acara Silaturahim Nasional (Silatnas) MTA III di Stadion Manahan Solo, Ahad (17/9/2017). Presiden Jokowi menyampaikan, sampai saat ini Palestina belum mredeka, Suriah, Irak, Yaman dan Libya masih dihantui konflik, serta Afghanistan belum sepenuhnya pulih.

“Kita berkontribusi dengan memberikan solusi demi kepentingan umat mulsim dunia. Untuk Palestina, pada tahun 2016 kita buka kedutaan besar kehormatan di Ramallah. Untuk Palestina, atas perminaan Presiden Palestina Mahmoud Abbas, Indonesia menggelar KTT luar biasa mengenai Palestina “Al Quds Al Syarief” di Jakarta tahun 2016. Ini banyak orang yang lupa. Inilah kegiatan-kegiatan kita sesama Negara dengan penduduk muslim,” jelas Presiden Jokowi dalam Silatnas MTA yang juga dihadiri Ketua MPR RI, Dr (HC) H. Zulkifli Hasan dan sejumlah menteri Kabinet Kerja ini.

Presiden Jokowi menambahkan, untuk Afghanistan, Indonesia juga membuka Islamic Centre untuk pendidikan anak-anak di sana. Kemudian membangun masjid di Kabul pada tahun 2016. “Sebentar lagi kita akan mengajak ulama Afghanistan untuk berkunjung ke Indonesia untuk saling belajar membangun Islam yang rahmatan lil ‘alamin. Dan pada Desember mendatang, istri Presiden Afghanistan, Rula Ghani akan berkunjung ke Indonesia guna membahas program terkait perempaun dan anak,” paparnya.

Dalam Silatnas MTA III ini, akan dilakukan pengukuhan sebanyak 64 Perwakilan dan cabang MTA di 14 provinsi. Dengan pengukuhan 64 cabang dan perwakilan ini, total terdapat 604 cabang dan perwakilan MTA di seluruh Tanah Air. Saat ini MTA sudah tersebar di seluruh Provinsi di Indonesia.

BERSALAMAN - Al Ustadz Drs. Ahmad Sukina dan Presiden Ir. H. Joko Widodo (Jokowi) yang sedang bersalaman dengan peserta Silatnas MTA III usai memberikan pidato.

Silatnas MTA III dihadiri sebanyak 100.000 peserta, yang datang dari seluruh penjuru Tanah Air. Kapasitas Stadion Manahan Solo yang maksimal menampung 40.000 orang, menjadikan tidak seluruh peserta Silatnas bisa masuk ke dalam stadion. Para peserta yang tidak tertampung di dalam stadion, meluber hingga ke luar stadion dan memenuhi lapangan parkir. Sedangkan parkir kendaraan, memenuhi sejumlah lokasi di seputar kawasan Stadion Manahan hingga radius lebih kurang 2 kilometer.

Banyaknya peserta yang datang, tidak hanya terdiri dari pengurus cabang dan perwakilan MTA. Sebab banyak juga di antara peserta merupakan para pendengar Radio MTA dan Persada FM, serta pemirsa MTA TV. Sebab setelah mendengarkan pengajian melalui radio dan televisi MTA, banyak peserta yang akhirnya tertarik untuk mengikuti pengajian yang diselenggarakan oleh MTA. ***