Indahnya Nafar Ramadhan 1430H

logo-mta-kecilHai orang-orang yang beriman, apakah sebabnya bila dikatakan kepadamu: "Berangkatlah (untuk berperang) pada jalan Allah" kamu merasa berat dan ingin tinggal di tempatmu? Apakah kamu puas dengan kehidupan di dunia sebagai ganti kehidupan di akhirat? Padahal kenikmatan hidup di dunia ini (dibandingkan dengan kehidupan) diakhirat hanyalah sedikit. Jika kamu tidak berangkat untuk berperang, niscaya Allah menyiksa kamu dengan siksa yang pedih dan digantinya (kamu) dengan kaum yang lain, dan kamu tidak akan dapat memberi kemudharatan kepada-Nya sedikitpun. Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu. Jikalau kamu tidak menolongnya (Muhammad) maka sesungguhnya Allah telah menolongnya (yaitu) ketika orang-orang kafir (musyrikin Mekah) mengeluarkannya (dari Mekah) sedang dia salah seorang dari dua orang ketika keduanya berada dalam gua, di waktu dia berkata kepada temannya: "Janganlah kamu berduka cita, sesungguhnya Allah beserta kita." Maka Allah menurunkan keterangan-Nya kepada (Muhammad) dan membantunya dengan tentara yang kamu tidak melihatnya, dan Al-Quran menjadikan orang-orang kafir itulah yang rendah. Dan kalimat Allah itulah yang tinggi. Allah Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana. Berangkatlah kamu baik dalam keadaan merasa ringan maupun berat, dan berjihadlah kamu dengan harta dan dirimu di jalan Allah. Yang demikian itu adalah lebih baik bagimu, jika kamu mengetahui.
(TQS. At Taubah (9):38-41)

NAFAR merupakan agenda rutin yang diselenggarakan MTA di bulan Ramadhan. Dan diikuti segenap warga Majlis Tafsir Al Qur’an dari semua umur, bermacam pendidikan dan profesi untuk berkumpul menjadi satu yang sama. Ribuan para Nafirin disebarkan ke berbagai cabang atau perwakilan MTA di seluruh Indonesia. Dibagi dalam 3 periode sehingga bisa efektif dan merata.

Dengan Nafar diharapkan akan mempertebal silaturahim, memperdalam ilmu dan wisata hati bagi yang mengikutinya. Kesungguhan kegiatan tersebut tidak ringan, karena peserta Nafar harus rela meninggalkan segala kegiatan, keluarga  dan urusan dunia untuk fokus meniti jalan lurus ke akherat.

Periode Nafar MTA
I.    Rabu, 26 s.d 30 Agustus 2009
II.    Rabu, 02 s.d  06 September 2009
III.    Rabu, 09 s.d 13 September 2009

Pemberangakatan setiap periode diawali dengan pembekalan dan sekaligus penjemputan peserta Nafar di Gedung Asrama Putra SMA MTA Surakarta. Untuk kemudian menuju lokasi tujuan masing-masing yang telah diatur Panitia Nafar Pusat.

Setiba di lokasi, peserta nafar juga sudah dibekali materi dan jadwal yang akan dilaksanakan sampai selesai.  Secara umum diawali dengan pengenalan/taaruf antar warga nafar, kemudian mengenal lokasi dan para warganya juga. Yang tidak kalah penting adalah pemberian materi-materi dari Ustadz-ustadz yang ditunjuk dari Majlis Pusat.

icon-nafar-mtaSelain berusaha disiplin melaksanakan amalan harian, belajar memperbaiki tajwid, saling mempererat persaudaraan dsb. Ada sesi khusus yakni wisata/anjangsana , berkunjung ke tempat saudara-saudaranya yang telah mapan dalan usaha. Seperti pelaku wirausaha dan bisnis. Sehingga bisa saling menyerap ilmu, pengalaman, menambah relasi untuk dilanjutkan/diterapkan di daerah masing-masing.

Sedangkan untuk materi Nafar tahun ini mengambil topik :

MENSYUKURI NIKMAT, UKHUWAAH ISLAMIYAH dan materi MENJAGA KEBERSAMAAN.
Bagi yang belum ikut, masih ada 1 periode kesempatan lagi untuk puasa tahun ini.

Ikuuttt :)...jangan lupa bawa tanda pengenal. Penting!
Bagi yang sudah ikut, minta komentar dan motivasinya ya..
Jazakumulloh Khairan Katsiraa


2 komentar pada “Indahnya Nafar Ramadhan 1430H

  1. nafar..mungkin gak bagi ahwat ahwat mta..sebelum ngaji di mta..ramadhanku selalu ku isi dg nafar..walau gak jauh jauh dan bersifat pribadi..salah satu manfaatnya kita makin mensyukuri nikmat nikmat yang Allah berikan,menerapkan ilmu yang dikaji dlm ukhuwah berjamaah…duhh jadi rindu nafar ni..

  2. nafar mewujudkan kebersamaan dlm menjalankan agama yg LURUS, belajar da’wah semampu kita tuk kembali kpd Qur’an-Sunah, berjuang saling kenal, memahami & saling nasehat-menasehati dlm kebaikan…berharap ampunan & ridho dari Allah SWT menuju ketaqwaan….

Beri Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.