Hewan Qurban Majlis Kandang Penuhi Unsur Kesehatan dan Syar’i

Surakarta - Sejumlah petugas dari Dinas Pertanian Ketahanan Pangan dan Perikanan kota Surakarta mengadakan pemeriksaan kesehatan hewan qurban di majlis kandang MTA Mojosongo, kecamatan Jebres, kota Surakarta. Pemeriksaan dilaksanakan pada Jumat 8 Agustus 2019 pagi, 2 hari sebelum pelaksanaan penyembelihan hewan qurban.

Weni Ekayanti selaku Kepala Dinas Pertanian Ketahanan Pangan dan Perikanan kota Surakarta mengatakan pihaknya selalu menerjunkan tim pemeriksaan dan pemantauan rutin setiap tahun sekali dengan melibatkan sejumlah dokter hewan. Pemeriksaan dilakukan di tempat - tempat penjualan dan penampungan hewan qurban yang tersebar di 5 kecamatan di kota Surakarta.

Pada pemeriksaan kali ini, petugas melakukan pemantauan terhadap suhu tubuh hewan qurban, serta usia kelayakan hewan qurban berdasarkan poel giginya. Weni menambahkan, tidak ditemukan penyakit apapun pada hewan qurban di majlis kandang MTA dan hewan qurban sudah layak untuk diqurbankan pada hari raya.

Koordinator pengadaan hewan qurban majlis kandang MTA, Ustadz Kiswanto menyampaikan hewan qurban di majlis kandang Mojosongo dijamin memenuhi unsur syar'i, baik dari segi umur maupun kesehatan hewan. Pihaknya juga siap memberi garansi jika ditemukan hewan qurban yang rusak, baik cacat maupun sakit, dengan yang setara ataupun yang lebih baik.

 

Dari Surakarta, Septian Eko Wahyudi melaporkan.