Cegah Banjir, Relaksa Gandeng BPBD Bersihkan Kali Samin

Sukoharjo - Menjelang datangnya musim penghujan, relawan kali samin atau relaksa menyelenggarakan kegiatan resik resik kali samin. Kegiatan ini dilakukan dengan menggandeng BPBD kabupaten Sukoharjo, masyarakat desa Pandeyan, dan desa Bugel, TNI, serta relawan dari berbagai komunitas termasuk relawan MTA.

Resik-resik kali Samin yang dilakukan oleh relawan kali Samin bersama masyarakat di sepanjang aliran kali Samin di wilayah kecamatan Grogol, dan Polokarto, kabupaten Sukoharjo, pada hari Ahad (14/10/2018) lalu. Mereka bahu membahu dengan aparat TNI dan perangkat desa setempat untuk membersihkan sampah yang menyumbat aliran air di kali Samin.

Sampah berupa ranting dan batang pohon, sampah plastic, dan berbagai sampah lainnya dipungut dan dikumpulkan oleh para relawan ini sehingga aliran air kembali lancar.

Ketua Relaksa, Joko Raharjo, S.E mengatakan kegiatan resik-resik kali Samin dilakukan rutin setiap dua bulan atau jika melihat kondisi kali Samin yang sudah mulai kotor oleh sampah.

Ia mengajak seluruh masyarakat, terutama yang terdampak langsung dengan banjir agar tidak lagi membuang sampah di sungai. Sebab kebiasaan buruk itu bisa menyebabkan banjir yang akan menyengsarakan diri sendiri maupun masyarakat luas.