Begadangku Semalam Terbayar Sudah

[caption id="attachment_260" align="alignleft" width="300" caption="Porfesi Dokter Dahsyat untuk Dakwah"]Porfesi Dokter Dahsyat untuk Dakwah[/caption]

14 April 2009 sabtu itu saya bertugas jaga di RSCM, waktu itu saya sebagai chief jaga orthopaedi. Saat sore hari selepas sholat maghrib, HP saya berdering, segera saya angkat : mas, ada pasien di emergency. Lapor tim jaga orthopaedi di seberang telepon, segera sy bergegas menuju ke ruang IGD.

Di ruang IGD sy mendapati wanita muda umur 25 tahunan mengerang kesakitan dan berteriak dokter saya tidak mau lumpuh begini…, Ya alloh ada apa gerangan,.. pikirku. setelah melalui proses anamnesis sy dapatkan bahwa wanita ini 6 jam yg lalu saat sedang menyapu di balkon dikagetkan oleh adanya seekor kucing , karena kaget dia terperanjat dan terpeleset jatuh ke lantai satu dengan posisi duduk, melalui pemeriksaan sy dapatkan adanya kelemahan di kedua kakinya, kedua kakinya mulai tidak bisa diangkat, segera sy memutuskan untuk dilakukan rontgen tulang belakang dan CT scan.

Beberapa saat kemudian setelah hasil x ray dan CT scan jadi , saya dan tim jaga orthopaedi saat itu menyimpulkan diagnosis dengan unstable burst fracture Thorakal 12 frankel C, kalo dibahasakan awam kurang lebih : terdapat patah tulang belakang yang tidak stabil disertai kelumpuhan.

Dari cerita pasien kejadiannya baru 6 jam yg lalu , masih golden period nih ,..pikir saya (golden periode adalah waktu batas untuk menyelamatkan sarafnya yakni 8 jam)
Sebagai chief jaga waktu itu segera sy panggil keluarganya terutama suaminya, sy jelaskan keadaan pasien sesungguhnya, rencana kami dari tim orthopaedi adalah melakukan operasi pembebasan saraf dan stabilisasi tulang belakang dengan menggunakan implant atau pen, dan resiko2 apabila tidak dilakukan operasi yakni lumpuh total kedua kaki.pertanyaan berkutnya dari suami adalah : berapa harga pennya dok?....ini yang kadang sy sulit untuk menjelaskan..sy pun bilang ya ..sekitar 20an jt,…si suami minta waktu sejenak untuk bertemu keluarganya……beberapa saat kemudian dia menemuai sy, dan bilang siap untuk dioperasi.

Operasipun akhirnya dimulai pukul 1 malam dan berakhir jam 4 subuh,benar2 operasi yang menguras tenaga dan pikiran…….pikirku saat itu.

2 hari kemudian sy datangi bangsal mbak jen dirawat, dia tersenyum sambil bilang terima kasih dok, saya sekarang tidak lumpuh lagi, sy sudah bisa jalan lagi , Alhamdulillah pikirku saat itu……..saat itupun ku bertanya ke suaminya apakah dia punya asuransi? Ternyata dia punya..ya sukurlah batinku, segera kutinggalkan bangsal mbak jen dengan senyum penuh rasa puas, ternyata begadangku semalam waktu itu terbayar sudah.

Kiriman dari: dr. Gus Tom


3 komentar pada “Begadangku Semalam Terbayar Sudah

  1. @mas;ibnu tunggu cerita berikutnya,insyaAlloh.salam untuk kelompok ali bin abi tholib,tetep kompak

  2. Assalamualaikum mas tomy

    cerita cerita nyata mas tomy emang bikin haru sekaligus kadang lucu. kami kangen kelompok lagi mas. salam dari kelompok Ali bin Abi tholib depok jogja

  3. mungkin maksude mas dokter 14 maret 09 ya..kalau 14 april 09 kan belum kita lalui???tapi kisah-kisah seperti bagus banget untuk menyuntik keimanan yang lagi ngedrop..ditunggu tulisan”yang mendebarkan jantung sepertì ini…siapa tahu jadi media seseorang dalam meniti dan menjemput hidayah..banyak kan saudara kita yang mudah tergetar hatinya karena iman lewat tulisan seseorang yang tajam,berbobot,menggelitik dan bisa menjadi SHOCK TERAPI.

Beri Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.