Audisi Al-Muthaffifin

Siapapun kita manusia pada dasarnya punya keinginan untuk curang. Meminta lebih kalau diberi orang. Dan cenderung mengurangi apabila memberi ke orang lain. Ada yang protes? Ya, begitulah. Bayangkan kita masih anak-anak berumur 8 tahun. Bayangkan ibu kita membagi kue brownies kepada semua anaknya, termasuk kita dan tak lepas saudara kita tentunya. Ibu berusaha membagi dengan adil, karena setiap anak memang berbeda kadarnya. Bayangkan kita bukan anak pertama. Tentu ada sedikit rasa ngiri kenapa kakak tertua mendapat yang paling besar. Sementara kita tidak melirik bahwa adik pun bagiannya yang lebih kecil. Yang kita tahu,"Kok aku cuman dapet sedikit? Gak adil.....!". Masa berputar dan...


Apa sih Neoliberalisme itu?

Mohon maaf sebelumnya ini tidak ada hubungan dengan kampanye dari yang Tiga  itu, ini murni sharing pengetahuan. Sejak gegap gempita Pilpres dimulai, saya langsung tertuju pada kata 'Neoliberalisme' pengin tahu apa sih makna sebenarnya. Benarkah seperti yang beritakan orang-orang ataukah bukan itu maknanya (maklum berbagai macam motif dalam mengutarakannya). Jujur saja saya bukan ahli ekonom, pengamatpun bukan..karena memang tidak senang dengan istilah yang berbau ekonomi makanya kuliahpun jauh dari 'daerah' itu. Tetapi setelah mendengar istilah neoliberalisme atau disingkat neolib secara berulang-ulang, jadi pengin tahu juga. Terutama biar bisa berpikir dengan adil tidak asal nyahut atau manut grubyuk alias ada dasarnya. Persis seperti ketika kita...


Pendidikan Politik

Sebetulnya tak ada satupun orang hidup dalam lingkungan masyarakat tertentu yang lepas dari politik. Pendek kata tak ada orang yang tidak berpolitik. Kalau ada yang mengatakan saya tidak berpolitik, tidak berpolitik itulah politiknya orang yang tidak berpolitik. Ada orang bilang “politik itu kotor”. Ungkapan inilah yang sering kita dengar dari masyarakat dan mungkin sudah menjadi paradigma yang mewarnai fikiran mereka. Setidaknya ungkapan tersebut muncul dari beberapa sebab yang melatarbelakanginya. Mungkin, ungkapan tersebut sengaja dimunculkan dari pihak mereka yang berpolitik dan berusaha mempertahankan kekuasaannya dengan menghasung lawan-lawan politiknya agar tidak berpolitik, maka ia menyebarkan virus ungkapan bahwa politik itu kotor. Sehingga bagi mereka...


Kenapa Enggan ??

Galing, Ikal, dan Curli, serombongan pemuda yang sedang asyik berdiskusi lantas memasuki wilayah obrolan kelas tinggi, berdiskusi dengan bahasa ilmiah, dengan gaya masing-masing, dan dengan tingkat pemahaman masing-masing. "Semalem aku ikutan MABIT lho. Ustadz yang ngisinya baguuuss...banget. Trus, pas sholat, saking khusyuknya jadi banyak yang nangis. Pokoknya khusyu' abis", dengan menggebu Curli menceritakan pengalaman pertamanya ikut malam pembinaan iman dan taqwa, gitu kira-kira singkatan MABIT. "Curli, itu sih perasaanmu aja. Masa iya, kamu tahu kalau mereka yang pada nangis itu bener-bener karena khusyu'? karena paham dengan makna ayat yang dibaca? Itu kan Cuma efek dari ceramah ustadznya, trus ditambah cara baca yang melankolis",...


Saatnya Mencocokkan Arah Kiblat

Ilmu peredaran benda-benda angkasa memang sangat maju, bukan hanya di zaman sekarang ini. Tetapi sejak dahulu umat Islam telah mampu mengukur jarak dari bumi ke bulan dengan sangat tepat. Mereka pun mampu memetakan peta langit yang bertabur dengan gemintang. Salah satu warisan dari para ulama di masa lalu yang masih sangat bermanfaat secara langsung adalah tentang posisi matahari. Kita mengenal matahari bergerak secara semua dari Timur ke Barat setiap hari, dan juga dari Utara ke Selatan atau sebaliknya dalam kurun waktu setahun. Para ahli astronomi telah menghitung perputaran bumi dan telah memastikan bahwa semua tempat di muka bumi yang berada di antara 22,5...


Menghayati KehebatanNya

Detik2 terakhir Adam574, Adam Air rute Surabaya-Akhirat pada 1 Januari 2007. 06:08   Menara ATC Surabaya menginstruksikan  Adam 574, ketinggian terbang 19000 feet (6500 m) tidak tertangkap radar. Copilot menjawab instruksi tersebut, AdamAir 574 pada posisi kea rah tujuan, ketinggian terbang 35000 feet (11000m). 06:09   Menara ATC Surabaya menyatakan Adam 574, posisikan ke ketinggain 33000 feet. Copilot mengikuti instruksi tersebut. 06:10   Menara ATC Surabaya menginstruksikan Adam 574,saat melewati ketinggian 22000 feet kontak ATC Ujung di 128.3 selamat siang [good afternoon]. Copilot mengikuti instruksi tersebut. 06:10   Pilot Adam574 pertama kali mengontak ATC Ujung ketika ketinggian terbang 22000 feet menuju ke 33000 feet. Cek...


Kejujuran Itu Harga Mati

kejujuran-akhlak-beriman

Rasululloh bersabda, “Hendaklah kamu sekalian berbuat jujur. Sebab kejujuran membimbing kearah kebajikan. Dan kebajikan membimbing kearah syurga. Tiada henti-hentinya seseorang berbuat jujur dan bersungguh-sungguh dalam melakukan kejujuran sehingga dia ditulis disisi Allah sebagai orang jujur. Dan hindarilah perbuatan dusta. Sebab dusta membimbing kearah kejelekan. Dan kejelekan membimbing kearah neraka. Tiada henti-hentinya seseorang berbuat dusta dan bersungguh-sungguh dalam melakukan dusta sehingga dia ditulis disisi Allah sebagai pendusta” (HR. Bukhari Muslim) (more…) ...


Muslimah itu bernama Kartini

Bagi bangsa Indonesia, bulan April yang lalu dianggap sebagai salah satu bulan yang bersejarah. Bersejarah karena di bulan itu pernah lahir seorang perempuan yang ditahbiskan sebagai pahlawan nasional oleh pemerintahan orde baru. Perlu kita ketahui secara obyektif, pentahbisan nama Kartini sebagai pahlawan Nasional itu tidak lepas dari pelbagai pertimbangan. Di sisi lain, ada yang menggali heroism kartini dari sisi keislaman. Tidak dapat dipungkiri, salah satu semangat yang diperjuangkan oleh Kartini adalah keleluasaan memperoleh ilmu untuk diamalkan bagi perempuan. Hal ini sangat heroic karena saat itu  adat-istiadat jawa yang kental ‘mengungkung’ perempuan untuk bisa memperoleh wawasanseluas-luasnya. Terlebih dalam hal belajar agama. Jangankan perempuan mendalami agama,...