MTA Bebas Berdakwah di Kerinci

SOLO – Sidang gugatan terhadap Surat Keputusan (SK) Bupati Kerinci Murasman yang menilai ajaran Majelis Tafsir Al Quran (MTA) sesat di Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Jambi dimenangkan pihak MTA.

Sidang gugatan dilakukan pada Kamis (6/3), meminta Bupati Kerinci mencabut keputusannya tentang penghentian kegiatan MTA di Kabupaten Kerinci. Demikian disampaikan Ketua Tim Pengacara Muslim (TPM) selaku Kuasa Hukum MTA, Mahendradata, kepada wartawan di Kantor Pusat MTA Jl.Ronggowarsito No.111A Mangkunegaran, Solo, Jumat (7/3) kemarin.

Menurutnya, berita yang mengatakan ajaran MTA sesat dan menyimpang dari pokok-pokok ajaran Islam tidak benar. Ia juga mengatakan, berita bohong itu sengaja disebar luaskan oleh oknum bayaran yang tidak senang dengan dakwah atau ajaran MTA. Parahnya lagi, Bupati Kerinci itu terpengaruh dengan berita kebohongan itu yang kemudian mengeluarkan SK Bupati Nomor 730/Kep.332/2013 tentang penghentian kegiatan MTA di wilayahnya.

“Semua berita itu bohong, tidak benar. Kita dari awal selalu mendampingi (MTA). Jadi seperti apa ajaran MTA yang selama ini didakwahkan, kita tahu. Jadi tidak benar kalau MTA itu sesat,” jelas Mahendradata.

Mahendradata mengatakan, penerbitan SK Bupati Kerinci tertanggal 11 Juni 2013 itu dirasakan pihak MTA sangat merugikan, apalagi SK itu menyebutkan MTA menyebarkan ajaran sesat. Karena SK Bupati Kerinci itu dikeluarkan tidak secara prosedural. Mahendradata juga mengatakan, Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat sejauh ini tidak ada mengeluarkan fatwa yang menyebutkan MTA adalah ajaran sesat.

“Pasca penerbitan SK Bupati Kerinci, kita (TPM) berupaya mendatangi Bupati Kerinci untuk memberikan penjelasan mengenai aktivitas mereka, dengan disertai bukti-bukti bahwa mereka bukan ajaran sesat. Namun upaya itu tidak membuahkan hasil, karena Pemkab Kerinci tetap bersikukuh pada SK Bupati yang telah diterbitkan itu. Maka kita melayangkan gugatan ke PTUN. Dan dimenangkan MTA,” ungkapnya.

Lebih lanjut, dirinya mengatakan, lembaga yang mempunyai kewenangan memutuskan suatu ormas Islam sesat atau tidak itu adalah pemerintah pusat. Sehingga Pemerintah Daerah tidak memiliki kewenangan untuk memutuskan bahwa MTA sesat.

“Peresmian gedung MTA Pusat saja dihadiri oleh Presiden (Susilo Bambang Yudhoyono) kok bisa dikatakan sesat?.”

Ketua MUI Kota Solo, Zaenal Arifin Adnan mengatakan, sejak berdirinya MTA di Solo tidak pernah menemukan tanda-tanda kesesatan yang diajarkan MTA. Sehingga dirinya menyayangkan jika ada oknum atau bahkan Kepala Daerah sampai mengeluarkan SK penghentian aktivitas MTA di daerahnya.

“Selama ini kita selalu menemani kemanapun MTA melakukan kegiatan. Jadi kita benar MTA itu seperti apa. Jadi jangan membuat berita tidak benar,” jelas Zainal Arifin.

Sementara itu, Pimpinan MTA PUsat Al Ustadz Ahmad Sukina mengatakan, hasil putusan gugatan yang dimenangkan MTA di PTUN Jambi diharapkan dapat menjadi bukti bahwa MTA itu tidak sesat. Selain itu juga dqapat menjadi pelajaran bagi daerah lain yang selama ini menolak pengajian MTA.

“Itu sebagai bukti kalau MTA itu tidak pernah menyebarkan ajaran sesat atau yang lainnya. Kita menyebarkan sesuai tuntunan Al Quran dan Sunah Nabi Muhammad SAW.”(bib)

KETERANGAN PERS : Pengacara Tim Pembela Muslim Mahendradatta (pegang mic) didampingi Ketua MTA Pusat Ahmad Sukina dan Ketua MUI Surakarta Zaenal Arifin Adnan memberikan keterangan pers di kantor MTA Pusat Solo

About the Author

has written 280 stories on this site.

27 Comments on “MTA Bebas Berdakwah di Kerinci”

  • yono wrote on 8 March, 2014, 22:08

    Orang yang di dholimi do’anya makbul…mari berdoa…… Ya Allah engkau yang menunjuki orang2 di Jambi dan khususnya di Kerinci, dan cintakanlah mereka dengan dakwah Islam lewat MTA…..bukakanlah kesadaran warga Jambi untuk mengaji Al-Qur’an dan As Sunnah dan mengamalkannya, …Engkaulah ya Allah yang mampu membuka Ratusan ribu Cabang Pengajian Islam lewat Dakwah MTA di seluruh Persada , yang berisi dengan hamba-hambamu yang selalu Beriman kepada-Mu, dan Rasul-MU, menguatkan agama-Mu mengagungkan-Mu dan selalu bertasbih kepada-MU… di tangan Mu lah seluruh petunjuk.. dan Kau berikan kepada siapa yang Engkau Kehendaki… Aamiin.

  • kaelanir wrote on 8 March, 2014, 22:15

    Alhamdulillaah…semoga saja menjadi awal yang akan semakin baik. Kebenaran tak akan tertukar meski banyak halangan. :-)

  • sukiyanto wrote on 9 March, 2014, 5:51

    Alhamdulillah. semoga MTA semakin menyebar keseluruh penjuru dunia. Amin

  • yudhi wrote on 9 March, 2014, 6:16

    Alhamdulillah….. Padahal yang benar2 sesat masih banyak dan mereka sembunyi2…. bahkan lagi yang sudah divonis sesat oleh MUI malah ada yang masih berdakwah terang-terangan… spt L***

  • Abu Fitra wrote on 9 March, 2014, 6:19

    Sebagai pejabat publik setingkat bupati atau siapa saja, seharusnya dan wajib berdiri diatas semua golongan masyarakat yang diakui keberadaannya oleh UU. Jangan bertindak sendiri sesuai dengan kemauan pendukungnya atau sebagian masyarakat yang berselisih paham dengan organisasi atau sekelompok masyarakat. Seorang pejabat publik harus visioner dan memahami UU yang berlaku di NKRI tercinta. Mudah-mudahan pengalaman di kabupaten Kerinci menambah tebal kita untuk berjuang dan berdakwah menegakkan islam di bumi persada ini. Kita doakan pejabat-pejabat publik yang masih ego karena memperoleh dukungan sebagian ormas atau kelompok tertentu agar cepat sadar akan kekeliruannya. Mudah-mudahan yayasan MTA dimudahkan Allah SWT untuk selalu berdakwah di bumi NKRI tercinta ini. Amin

  • yasrudi wrote on 9 March, 2014, 7:02

    Allahuakbar.. Sungguh Allah telah menepati janjiNya.. Barangsiapa menolong agama Allah, maka Allah akan menolong kita dan meneguhkan kedudukan kita..

  • ari nugroho wrote on 9 March, 2014, 7:13

    Birokrasi tak seharusnya mencampuri urusan agama,begitupun organisasi tdk sepatutnya berkedok agama

  • agus wrote on 9 March, 2014, 10:06

    Beribadah harus dengan ilmu, jangan mengikuti kata kiyai atau ulama, cari referensi yang shahih… murnikan akidah jangan mendewakan hawa nafsu…

  • yono wrote on 9 March, 2014, 11:18

    Cukup ada alasan, Orang yang di dholimi do’anya makbul…mari berdoa…… Ya Allah engkau yang menunjuki orang2 di Jambi dan khususnya di Kerinci, dan cintakanlah mereka dengan dakwah Islam lewat MTA…..bukakanlah kesadaran warga Jambi untuk mengaji Al-Qur’an dan As Sunnah dan mengamalkannya, …Engkaulah ya Allah yang mampu membuka Ratusan ribu Cabang Pengajian Islam lewat Dakwah MTA di seluruh Persada , yang berisi dengan hamba-hambamu yang selalu Beriman kepada-Mu, dan Rasul-MU, menguatkan agama-Mu mengagungkan-Mu dan selalu bertasbih kepada-MU… di tangan Mu lah seluruh petunjuk.. dan Kau berikan kepada siapa yang Engkau Kehendaki… Aamiin.

  • sumarno wrote on 9 March, 2014, 12:05

    Alkhamdulillah yg haq pasti tdk bs dikalahkan, …..jadilah pemimpin yg “cerdas”

  • yamadi wrote on 9 March, 2014, 18:40

    alhamdulillah

  • yono wrote on 10 March, 2014, 4:10

    Izin TV MTA sudah turun……Mari kita sujud syukur kepada Allah SWT……..Alhamdulillah, Alhamdulillah, Alhamdulillah, Semoga TV MTA berisi siaran kebenaran, kebaikan yang banyak dan penuh barokah dari Allah SWT untuk Mengagungkan Allah, Menguatkan agama Allah dan selalu digunakan untuk Bertasbih Memuliakan Allah SWT… aamiien.

  • bunda syauqi wrote on 10 March, 2014, 11:30

    alhamdulillah…..tak terasa menetes air mata ini saat ustadz mengumumkan pada pengajian ahad pagi 9 maret 2014 bahwa ijin MTATV dah turun ,sujud syukur kami atas pertolongan-Mu Ya Allah…..

  • Nur Syamsu Kurnia wrote on 10 March, 2014, 13:35

    Ya Allah Ya Rabb, kembalikanlah kejayaan Islam di bumiMu yang sudah jauh dari cahayaMu, jauh dari syariat suciMu, berilah hidayah kepada semua manusia, yang di qalbnya masih ada tauhid, ilhamkanlah ilmu dan hikmah kepada kami semua, ampuni kami, luruskan agama kami, luruskan jalan kami.

  • Nur Syamsu Kurnia wrote on 10 March, 2014, 13:37

    Yang di Sidoarjo apakah sudah masuk ranah hukum juga ? Mohon share beritanya ya… Semoga Allah mudahkan dan lancarkan semua jalan menuju ridho Allah.

  • Roni, Semarang wrote on 10 March, 2014, 14:43

    Alhamdulillah Allah memberikan pertolongan lewat keputusan PTUN Jambi semoga dakwah Islam bersama MTA di Kerinci dan dimanapun didunia ini lancar

  • tri Sunaryo wrote on 11 March, 2014, 15:00

    Alhamdulillah
    semoga MTA menjadi sarana dakwah yang dapat meluruskan aqidah islam dan menjadikan umat islam melaksanakan islam secara kaffah. Fitnah dan hujatan sebagai pemacu semangat untuk berjihad, “TIDAK ADA PERJUANGAN TANPA RINTANGAN “. Maju terus MTA jangan pernah menyerah, ALLAH BERSAMA KITA. Terimakasih MTA dan Ust. Ahmad Sukina yang menjadi lantaran hidayah dari ALLAH kepada kami untuk menjalankan islam secara murni dan kaffah. “KEBENARAN PASTI MENANG” . Salam untuk ust. Sukina

  • eko wrote on 11 March, 2014, 18:11

    Dakwah,..tidak selalau hanya menyampaikan risalah Al quran dan Hadis, kesuksesan ini adalah gerbang dakwah di Kabupaten Kerinci.

  • Hanafi wrote on 11 March, 2014, 22:07

    Alhamdulillah, perjuangan dakwah memang berat dan penuh dengan lika – liku. Namun Allah Swt akan selalu memberikan kemudahan dan jalan terbaik. Aamiin ya robbal ‘alamiin.

  • mas Arief wrote on 15 March, 2014, 4:00

    Alhamdulillah… kami kelompok pengajian di Abudhabi turut bangga dan senang atas putusan PTUN yang memenangkan MTA. Semoga Dakwah MTA semakin berkembang pesat diseluruh dunia amiin…!

  • Suharjo wrote on 15 March, 2014, 9:56

    Alhamdulillah..Maju terus…contoh yang baik dakwah tidak selalu mulus..tapi bila kita sampaikan kebenaran Allah SWT pasti memberikan pertolongan dan menguatkan keyakinan kita

  • SURADI wrote on 17 March, 2014, 21:52

    Alhamdulillah………

  • SURADI wrote on 17 March, 2014, 21:55

    Semoga tetap berendah hati dalam menyikapinya……..

  • yono wrote on 18 March, 2014, 4:34

    Tanda Kecintaan Allah buat hambanya yang berusaha dalam kebaikan…..Buat Orang2 yang di dholimi do’anya makbul…mari berdoa…… Ya Allah engkau yang menunjuki orang2 di seluruh persada INDONESIA umumnya…… Jambi dan Kerinci khususnya , dan cintakanlah mereka dengan dakwah Islam lewat MTA…..bukakanlah kesadaran warga INDONESIA untuk mengaji Al-Qur’an dan As Sunnah dan mengamalkannya, …Engkaulah ya Allah yang mampu membuka Ratusan ribu Cabang Pengajian Islam lewat Dakwah MTA di seluruh Persada INDONESIA, yang berisi dengan hamba-hambamu yang selalu Beriman kepada-Mu, dan Rasul-MU, menguatkan agama-Mu mengagungkan-Mu dan selalu bertasbih kepada-MU… di tangan Mu lah seluruh petunjuk.. dan Kau berikan kepada siapa yang Engkau Kehendaki… Aamiin.

  • warno wrote on 13 April, 2014, 8:56

    Alhamdulillah….

  • mas trimo wrote on 15 April, 2014, 22:38

    Alhamdulillah, smoga Alloh selalu memberikan kemudahan dalam segala hal..

  • SUDARDI wrote on 20 June, 2014, 8:38

    Allohu akbar , Alloh  maha besar ,  Alloh telah  melepaskan  rintangan dakwah lewat PTUN –   dengan memenangkan  MTA  dan-yang memerintahkan  kebutusan bupati  tentang penliaian terhadap MTA sesat, semoga cahaya  dakwah semakin mendapat temapat di mata umat …. 




Write a Comments

Gravatars are small images that can show your personality. You can get your gravatar for free today!

MTA Surakarta

Copyright © 2015 MTA.OR.ID. All rights reserved.